Inilah Tumbuhan Jamur Paling Eksotis & Menakjubkan

Jamur adalah salah satu tumbuhan yang sering ditemui di daerah lembab, bentuk dan warnanya pun bermacam-macam. Ada jamur yang bisa dimakan, namun ada juga jamur beracun yang sama sekali tidak boleh kita sentuh. Berdasarkan penelitian genetik terbaru, jamur ternyata lebih dekat kepada hewan dibanding kepada tumbuhan. Mengapa demikian? Ternyata,dari sisi genetik jamur lebih dekat kepada hewan karena jamur memiliki protein yang mirip dengan protein hewani, dinding sel jamur terbuat dari chitin yang ternyata juga ada pada serangga. Jamur juga memiliki lanosterol yang terdapat pada hewan namun tidak pada jenis tumbuhan apapun.

Selain unik, jamur juga menyimpan banyak misteri. Menurut perkiraan, hanya ada sekitar 1,5 juta – 5 juta spesies jamur di dunia dan baru sekitar 5% saja yang berhasil diklarifikasi jenis dan keberadaannya. Nah, dari 5% jamur yang bisa diklarifikasi tersebut ada beberapa tumbuhan jamur yang tergolong unik, eksotis dan menakjubkan. Jamur seperti apa sajakah itu? Berikut detailnya.

Jamur Bercahaya, Panellus Stipticus

Panellus Stipticus

Jamur jenis ini mampu bercahaya dalam kondisi gelap gulita, jamur ini tersebar di Asia, Amerika Utara dan Australia. Uniknya, khusus di bagian Amerika Utara hanya ada di pesisir timur saja yang terdapat jenis jamur ini, sedangkan di Amerika Utara bagian barat justru tidak ditemukan sama sekali.

Jamur Berwarna Ungu, Lactarius Indigo

Lactarius indigo

Jamur ini tumbuh di hutan gelap dan lembab di Amerika bagian timur, Asia Timur dan Amerika Tengah. Jamur ini berwarna indigo atau ungu yang jika terekspos udara kering, lama kelamaan warnanya akan berubah menjadi hijau. Uniknya, jenis jamur ini bisa dikonsumsi dan banyak diperjualbelikan di pasar-pasar Negara Cina dan Meksiko.

Jamur Coral Ungu, Clavaria zollingeri

Clavaria zollingeri

Jamur ini berwarna tubular mencolok yang tumbuh dengan tinggi 7-10cm, dengan warna tubuh berwarna ungu dan cabangnya biasanya berbentuk bulat dan berwarna kecoklatan. Jamur ini biasanya ditemukan tumbuh di hutan atau padang rumput.

Jamur anemone, Aseroe rubra

Aseroe rubra

Jamur ini juga dikenal sebagai anemone stinkhorn, anemone laut dan bintang laut. Jamur ini dikenali dari baunya yang busuk seperti bangkai dan bentuknya yang mirip seperti bentuk anemone laut ketika tumbuh dewasa. Jamur jenis ini dapat ditemukan di perkebunan dan daerah berumput menyerupai struktur bintang merah yang tertutup lendir berwarna kecoklatan pada tangkainya yang berwarna putih. Sopra yang berada di atasnya tak pelak banyak mengundang lalat karena menghasilkan bau yang busuk.

Jamur Amanita Muscaria

Amanita muscaria

Jamur yang juga sering disebut Fly Agaric (lalat agaric) ini kerap muncul di kisah dongeng klasik atau dunia kartun. Jamur ini adalah jenis jamur berracun dalam genus Amanita, hampir semua daerah beriklim sedang dan bumi belahan utara menjadi tempat terbaik tumbuh kembangnya jamur jenis ini. Amanita Muscaria sengaja diperkenalkan ke berbagai Negara di belahan bumi selatan sebagai simbion perkebunan pinus yang sekarang menjadi spesies kosmopolitan yang besar.

Itulah beberapa jamur yang berbentuk unik dan menakjubkan, masih banyak jenis jamur yang terlihat eksotis lainnya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE