James Watson – Penemu Struktur DNA Makhluk Hidup

James_D_WatsonJika Anda pernah menonton film Spiderman seri pertama, Anda mungkin akan mengenal seperti apa DNA. Di dalam film Spiderman, Peter Parker sebagai tokoh utama dalam film ini terkena serangan gigitan laba-laba langka yang menyebabkannya merasa pusing. Dalam scene ini, Anda akan melihat bagaimana tampilan struktur DNA. DNA merupakan singkatan dari Deoxyribo Nucleic Acid, ia terlihat seperti tali yang berbentuk spiral. Lalu, tahukah Anda siapa yang menemukan struktur DNA? Dia-lah James Watson.

Pemilik nama lengkap James Dewey Watson lahir pada tanggal 6 April 1928, ia merupakan seorang anak tunggal dari pasangan pengusaha James D. Watson dan Jean Metchell. Leluhur dari Ayah Watson merupakan keturunan Inggris yang pernah tinggal di Midwest selama beberapa generasi. Sedangkan ayah dari ibunya merupakan orang yang lahir di Skotlandia, kemudian menikah dengan seorang putri imgran Irlandia yang datang ke America Serikat sekitar tahun 1940.

Masa kanak-kanaknya, ia habiskan di Chicago selama 8 tahun di sekolah Horace Mann Grammar secara mandiri, juga selama 2 tahun di South Shore High School. Memasuki jenjang sekolah tinggi atau universitas, Watson menerima beasiswa untuk menlanjutkan kuliah di Universitas Chicago. Selama musim panas sekitar tahun 1943, Watson bahkan melakukan sebuah eksperimen dalam kurun waktu 4 tahun masa kuliah.

Sebagai penemu struktur DNA, James Watson tidak sendirian. Ia bersama seorang temannya yang bernama Crick merasa memiliki visi yang sama yakni ingin memecahkan struktur DNA. Karena kesamaan dalam visi tersebut mereka kemudian semakin serius dan fokus untuk melakukannya, namun usaha pertama mereka pada musim gugur 1951mereka mengalami kegagalan.

Upaya kedua dilakukan pada awal Maret 1953, mereka lebih berorientasi pada bukti ekperimental dan apresiasi yang lebih baik dari literature asam nukleat dan juga proposal tentang konfigurasi komplemen double-heliks. Akhirnya penemuan ini berhasil.

struktur dna

Hingga saat ini, dunia mengenal James Watson sebagai penemu struktur DNA. Di dalam tubuh, DNA memiliki peranan yang sangat kompleks yakni sebagai pembawa materi genetic makhluk hidup, dalam DNA pula informasi genetic tentang makhluk hidup tersimpan. DNA juga memiliki fungsi untuk membawa materi genetic dari generasi satu ke generasi selanjutnya . Karena itulah mengapa DNA memiliki peranan yang sangat besar bagi kehidupan manusia dan juga bagi ilmu pengetahuan khususnya ilmu biologi.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE