Jenis Perawatan Kecantikan yang Boleh dan Dilarang Bagi Ibu Hamil

Wanita memang tidak bias lepas dari perawatan kecantikan. Tidak terkecuali wanita ketika sedang hamil. Hamil bukan suatu halangan bagi wanita untuk terus menjaga kecantikannya. Justru, saat hamil kebanyakan wanita ingin tetap terlihat cantik, sehingga melakukan perawatan kecantikan.

Namun, wanita tetap harus berhati-hati dalam melakukan perawatan kecantikan saat hamil, terutama produk kecantikan yang mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan ibu hamil ataupun janin dalam kandungan.

perawatan kecantikan ibu hamil

Berikut perawatan kecantikan ketika hamil yang boleh dilakukan dan yang dilarang:

1. Produk perawatan wajah

Ketika hamil, beberapa ibu hamil akan mengalami peradangan kulit terutama timbunya jerawat. Hal ini wajar terjadi sebab perubahan hormone. Namun, dalam pemilihan produk perawatan wajah, hindari produk yang mengandung Accutane, retin-A, retinol, asam retinoat, BHA, beta hydroxyl acid, differin, asam salisilat dan tetrasiklin. Penggunaan produk kecantikan ini dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi dan berbagai komplikasi kehamilan.

2. Lipstick

Lipstick berguna untuk membuat penampilan wanita menjadi menarik. Namun harus diperhatian dalam memilih produk. Jangan memilih lipstick yang mengandung timbal karena bias menyebabkan keracunan. Beberapa merek lipstick mungkin mengandung timbal untuk membuat warna lipstick lebih tahan lama. Dan lebih baik lagi, jika Anda “libur” dulu menggunakan lipstick dan beralih ke lipbalm ataupun lipice.

3. Cat kuku

Memakai cat kuku sah-sah saja. Tetapi hindari cat kuku yang mengandung bahan phthalates. Produk cat kuku ini dapat meningkatkan resiko bayi terlahir cacat. Kalaupun produk cat kuku Anda mengandung phthalates lebih baik menggunakan cat kuku di tempat yang cukup ventilasi, sehingga cat kuku cepat kering dan Anda tak terlalu lama menghirup bahan kimia yang terkandung dalam cat kuku.

4. Pewarna rambut

Beberapa ahli menyarankan agar ibu hamil tidak mengecat rambutnya selama kehamilan. Dan yang perlu diperhatikan ialah pewarna rambut yang mengandung amonia karena bau amonia dapat membuat Anda merasa mual. Tetapi jika memang Anda perlu, dapat mengecat rambut menggunakan sarung tangan dan segera mencucinya hingga bersih.

Ingat, buat para bunda, masa kehamilan bukan berarti harus tampil seadanya. Bunda juga perlu tampil cantik untuk suami, ya kan?

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE