John Logie Baird: Penemu Televisi Pertama Dunia Asal Skotlandia

NPG x2666; John Logie Baird by Howard CosterPernahkah Anda berpikir siapa yang pertama kali membuat televisi hingga akhirnya bisa digunakan secara meluas oleh masyarakat seluruh dunia seperti sekarang? John Logie Baird, ia adalah seorang insinyur listrik asal Skotlandia yang lahir tanggal 13 Agustus 1888. Ia menerima pendidikan di Technical College Royal dan Universitas Glasgow, dan memutuskan menjadi seorang amatir professional dengan lebih berkonsentrasi pada elektronik. Awal mula keberhasilannya dalam membuat Televisi berasal dari keyakinannya akan proses pengiriman sinyal visual yang sama seperti demonstrasi gelombang radio hasil temuan Guglielmo Marconi yang dapat membawa sinyal audio. Keyakinannya kemudian ia tuangkan ke dalam sebuah desain yakni sebuah perangkay yang disebut Nipkow Disk, disk scanning yang diciptakan pada tahun 1884 oleh seorang ilmuwan bernama Paul Nipkow Jerman.

Nipkow Disk terdiri dari disk karton dengan serangkaian lubang persegi yang terletak dalam posisi spiral. Ketika digabungkan dengan photoelectriccell dan berputar, Nipkow Disk mampu memindai area terang dan gelap serta dapat mengkonversi informasi menjadi sinyal listrik. Dengan menggunakan seconddisk yang disinkronkan dengan yang pertama, Nipkow mampu menterjemahkan bahwa signal ke gambar visual primitif. Baird mengambil ide pengembangan sistem Nipkow satu langkah lebih maju dimana sinyal dapat dikirim melalui gelombang elektromagnetik, bukan kabel. Dalam pengembangannya, Baird mengalami sedikit kesulitan keuangan karena para investor menganggap ide Baird sebagai hal yang kurang menguntungkan.

john and his tv

Di usia Baird yang menginjak 35 tahun dengan kondisi yang serba kekurangan, ia berusaha mengumpulkan pundi-pundi uang dengan bekerja sebagai penjual sepatu dan seorang salesman silet hanya untuk sekedar memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari serta untuk riset pengembangannya. Banyak prototype yang ia gunakan berasal dari limbah barang-barang keperluan rumah tangga seperti kaleng bekas kue, jarum rajut, lampu sepeda dan string, dan sebagainya.

Pada tahun 1923, ia mulai berusaha kembali mengotak-atik mesin untuk mendapatkan transmisi gambar sekaligus suara melalui gelombang radio. Tak lama setelah itu, ia berhasil mengirim citra kasar melewati transmitter tanpa kabel ke pesawat penerima yang berjarak beberaoa meter. Saking gembiranya akan hasil penemuannya, ia berlari ke lantai bawah toko dan membawa seorang anak muda untuk menjadi relawan pertama yang gambarnya ditransmisikan oleh televisi.

Keberhasilannya yang tanpa menyerah tersebut membuat ia terkenal hanya dalam waktu semalam saja, investor mulai berdatangan hingga akhirnya ia memiliki cukup uang untuk mengembangkan hasil risetnya menjadi sebuah karya yang nyata.

Tahun 1972, ia mencoba mengirim sinyal televisi dari London ke Glasgow dan pada tahun 1928 ia juga mencoba mengirim sinyal dari London ke New York. Pada saat itulah, John Logie Baird tercatat sebagai penemu televisi pertama dunia. Tak lama setelah itu, penemuannya tergantikan oleh desain tabung sinar katoda dari Vladimir Zworykin, namun Baird terus berusaha menyuguhkan desain televisi yang lebih baik dari sebelumnya. Ia bahkan membantu mengembangkan televisi berwarna alam serta besar layar proteksi yang ia bayangkan agar memungkinkan televisi bisa dilihat publik di layar film. Baird tutup usia di Bexhill on Sea East Sussex, Inggris pada tanggal 14 Juni 1946 pada usia 57 tahun.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE