Kebiasaan Keluarga Sehari-Hari Yang Berpotensi Cerdaskan Anak

keluarga bahagiaSetiap keluarga, pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh dengan pintar dan cerdas. Namun, terkadang mereka lupa bahwa ada faktor dari keluarga yang bisa membuat anak-anaknya menjadi cerdas dan tumbuh dengan optimal. Salah satu faktor tersebut adalah kebiasaan Anda di dalam keluarga.

Kecerdasan bukan hanya masalah seputar akademis saja, tetapi juga mental. Mental terbentuk pertama kali di dalam keluarga, jika mental yang dibangun banyak yang bersifat negative, maka kemungkinan besar anak akan tumbuh dengan kebiasaan yang negative. Begitupun sebaliknya, anak akan tumbuh kembang dengan baik dan positif jika lingkungan keluarganya memberikan dan membiasakan kegiatan-kegiatan positif yang menyenangkan. Mau tahu kebiasaan berkeluarga apa saja yang bisa mencerdaskan anak Anda? Berikut daftarnya.

Bersedia berkorban demi keluarga

Hal yang sepele namun sangat efisien dalam membangun keluarga yang bahagia. Buatlah kebiasaan dengan prinsip “pertama untuk keluarga” terlebih dahulu. Pastikan setiap anggota keluarga bisa memahami peran masing-masing dalam menjalankan tugasnya di dalam keluarga dan usahakan untuk mau berkorban demi memperkuat kehidupan keluarga yang harmonis. Kerjasama adalah kunci penting dalam merujudkan hal ini, kasih sayang dan kebaikan harus menjadi semboyan keluarga.

Sebuah keluarga yang sehat, setiap anggota keluarga harus bisa membagi waktu, energy dan kemewahannya satu sama lain. Untuk memiliki anak-anak yang cerdas, orangtua harus selalu ada untuk menjadi pendukung, pengawas dan teman yang menyenangkan.

Saling menghormati satu sama lain

Dekat sebagai teman dalam sebuah keluarga antara anak dan orantua, bukan berarti meniadakan rasa hormat antara anak dan orangtua. Setiap anak memiliki kemampuan untuk menjadi cerdas, dengan memperhatikan dan menghormati setiap pendapat, ide dan kepentingan anak, secara tidak langsung Anda telah mengizinkan kemampuan anak untuk tumbuh dan berkembang.

Menghormati orangtua merupakan perilaku yang wajib dimiliki oleh setiap anak, oleh sebab itu orangtua harus menjadi role model yang baik dihadapan anak maupun orang lain. Dengan begitu, anak akan mendapatkan pesan bahwa semua orang harus mereka hormati seperti halnya orangtua mereka yang selalu menghormati orang lain bagaimanapun keadaannya.

Buat kurikulum keluarga

Ciri keluarga yang cerdas adalah saling menikmati perannya masing-masing. Tugas Anda adalah membangun sebuah kurikulum di dalam rumah yang diharapkan bsia mendorong anak untuk belajar, sehingga mereka bisa tumbuh menjadi seseorang yang intelektual. Anda juga bisa memanfaatkan waktu senggang dengan bermain permainan indoor & outdoor bersama-sama anggota keluarga, membaca buku, saling bercerita, bertukar ide dan pendapat, merencanakan liburan bersama dan kegiatan-kegiatan positif lainnya yang bisa menciptakan warisan intelektual sebagai bagian dari kegiatan rutin keluarga.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE