Kenali 8 Gejala Awal Kehamilan

March 24th, 2017

awal kehamilan, gejala kehamilan, hamil muda, malas makan, mual tanda hamil, payudara sakit, perut kembung, sering buang air kecil, tanda hamil, tes kehamilanBeberapa gejala awal kehamilan mungkin muncul ketika Anda sudah terlambat haid – atau satu atau dua minggu kemudian. Sekitar 60 persen wanita memiliki gejala awal kehamilan pada saat mereka menginjak 6 minggu, dan kira-kira 90 persen memiliki gejala pada saat usia 8 minggu.

Jika Anda tidak melacak siklus menstruasi Anda atau jika siklus menstruasi Anda bervariasi dari satu bulan ke bulan berikutnya, Anda mungkin tidak yakin apakah Anda hanya terlambat haid atau hamil. Berikut ini adalah beberapa gejala kehamilan yang sering dijumpai oleh para ibu;

Malas Makan

Jika Anda baru hamil, tidak jarang Anda akan menolak bau mie atau secangkir kopi, dan untuk aroma tertentu untuk memicu refleks muntah Anda. Meskipun tidak ada yang tahu pasti, ini mungkin merupakan efek samping dari meningkatnya jumlah estrogen dalam tubuh Anda. Anda juga dapat menemukan bahwa makanan tertentu yang Anda sukai awalnya tiba-tiba menjadi menjijikkan bagi Anda.

Perubahan Suasana Hati

Umumnya Anda akan memiliki perubahan suasana hati selama kehamilan, sebagian karena perubahan hormonal yang mempengaruhi neurotransmitter (pembawa pesan kimiawi di otak). Setiap orang merespon secara berbeda terhadap perubahan ini. Beberapa calon ibu menjadi lebih emosional, sementara yang lain merasa lebih cemas atau tertekan.

Perut Kembung

Perubahan hormonal pada awal kehamilan dapat membuat Anda merasa kembung, mirip dengan perasaan beberapa wanita yang akan mendapatkan haid hari pertama. Itu sebabnya Anda mungkin merasa lebih nyaman menggunakan pakaian longgar dari biasanya, bahkan pada awal ketika rahim Anda masih cukup kecil.

Sering Buang Air Kecil

Tak lama setelah Anda hamil, perubahan hormon memicu rantai peristiwa yang meningkatkan laju aliran darah melalui ginjal. Hal ini menyebabkan kandung kemih Anda mengisi lebih cepat, sehingga Anda perlu untuk buang air kecil lebih sering.

Sering buang air kecil akan terus, atau mengintensifkan sebagai kehamilan. Volume darah Anda meningkat secara dramatis selama kehamilan, yang mengarah ke cairan ekstra sedang diproses dan berakhir di kandung kemih Anda. Masalah ini ditambah dengan posisi bayi Anda yang tumbuh dan menyebabkan tekanan lebih pada kandung kemih.

Kelelahan

Merasa lelah secara tiba-tiba? Tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan awal kelelahan kehamilan, tapi mungkin karena peningkatan pesat kadar hormon progesteron berkontribusi pada rasa kantuk Anda. Tentu saja, morning sickness dan harus sering buang air kecil pada malam hari juga dapat menambah kelelahan Anda.

Anda akan mulai merasa lebih energik setelah Anda mencapai trimester kedua, meskipun kelelahan biasanya kembali di akhir kehamilan karena Anda membawa lebih banyak berat badan dan beberapa ketidaknyamanan yang umum terjadi pada saat kehamilan membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan tidur malam yang baik.

Payudara Sakit

Salah satu gejala kehamilan yang umum adalah payudara bengkak dan sensitif akibat meningkatnya kadar hormon. Rasa sakit dan pembengkakan mungkin terasa seperti versi berlebihan ketika Anda hendak haid. Ketidaknyamanan ini akan berkurang secara signifikan setelah trimester pertama, karena tubuh Anda menyesuaikan dengan perubahan hormonal.

Pendarahan Ringan atau Bercak

Jika Anda mencoba untuk hamil, hal terakhir yang Anda ingin lihat adalah bercak atau perdarahan vagina. Tetapi jika Anda melihat bercak tipis sekitar waktu periode haid Anda, bisa jadi itu pendarahan implantasi. Tidak ada yang tahu pasti mengapa hal itu terjadi, tapi itu mungkin disebabkan oleh telur yang telah dibuahi menetap ke dalam lapisan rahim Anda.

Sekitar 1 dari 4 wanita mengalami bercak atau pendarahan ringan selama trimester pertama. Ini sering tidak apa-apa, tapi kadang-kadang itu adalah tanda keguguran atau kehamilan ektopik. Jika pendarahan yang parah atau disertai dengan rasa sakit atau ringan, hubungi dokter atau bidan.

Mual

Untuk beberapa wanita, morning sickness terjadi sekitar satu atau dua bulan setelah pembuahan, meskipun bagi orang lain mungkin mulai dari usia dua minggu. Dan bukan hanya di pagi hari, mual terkait kehamilan (dengan atau tanpa muntah) dapat menjadi masalah di pagi, siang, atau malam hari.

Kebanyakan wanita hamil dengan mual mereda pada awal trimester kedua. Bagi kebanyakan wanita lain itu butuh waktu sebulan atau lebih hingga mual mereda. Namun beberapa wanita beruntung tidak mengalaminya sama sekali.

Tes Kehamilan di Rumah

Banyak tes kehamilan di rumah tidak cukup sensitif untuk mampu mendeteksi kehamilan sampai sekitar seminggu setelah terlambat haid. Jadi jika Anda memutuskan untuk mengambil tes lebih awal dari itu dan mendapatkan hasil negatif, coba lagi dalam beberapa hari. Ingat bahwa bayi mulai berkembang sebelum Anda dapat memberitahu Anda sedang hamil, sehingga menjaga kesehatan Anda lebih awal lebih baik.

Setelah Anda mendapatkan hasil positif, buatlah janji dengan dokter Anda. Dokter akan memastikan usia janin Anda dan prediksi kapan melahirkan, ia juga akan memberikan Anda vitamin dan nutrisi tambahan untuk Anda dan calon bayi.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak suka corat-coret dinding

Anak Suka Corat-coret Dinding? Ternyata Kebiasaan Ini Punya Manfaat Tinggi, Lho!

Corat-coret dinding menjadi kebiasaan yang sering dilakukan ...
suami workaholic

Tips Ampuh Biar Tak Makan Hati Menghadapi Suami yang Workaholic

Memiliki suami yang workaholic atau kerap menghabiskan ...
perlengkapan bayi diy-3

Ide Kreatif Membuat Mainan DIY untuk Anak di Rumah, Murah dan Edukatif

Mainan anak bisa didapatkan dengan beragam cara. Cara yang ...
kebiasaan yang membuat anak membangkang

Bukannya Jadi Penurut, 4 Kebiasaan Ini Malah Membuat Anak Suka Membangkang

Memiliki anak yang bisa menuruti perkataan orang tua tentu ...
kata ajaib mendidik anak

Bunda, Yuk Ajari Anak 3 Kata Ajaib untuk Pembentukan Karakter yang Baik

Tidak ada sekolah yang mengajari seorang ibu dalam mendidik ...
bayi kembar identik dan tak identik

Kenapa Bayi Kembar Bisa Lahir dalam Kondisi Identik dan Tidak Identik? Ini Alasannya

Memiliki bayi kembar menjadi karunia sangat besar bagi ...
sabar menghadapi anak

Merasa Di Ambang Kesabaran Saat Mendidik Anak? Ingat 6 Hal Ini, ya Bunda

Menjadi orang tua dan tugas mendidik anak bukanlah hal yang ...
manfaat berolahraga anak jadi lebih cerdas

Bunda, Mengajarkan Anak untuk Berolahraga Ternyata Mampu Tingkatkan Kecerdasan, Lho!

Banyak cara yang dapat bunda lakukan kalau ingin ...
anak mendapat nilai jelek di sekolah

Anak Dapat Nilai Jelek di Sekolah? Ini Hal yang Perlu Bunda Lakukan

Memiliki anak pintar dan berprestasi menjadi impian setiap ...
gaya belajar anak zaman now

Bunda Perlu Tahu Nih, 5 Jenis Gaya Belajar Anak Zaman Now

Cara mendidik anak zaman now tentu harus berbeda dengan ...