Kenali Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya

atasi ketombe, cara menghilangkan ketombe, ketombe membandel, kulit kepala berminyak, kulit kepala kering, obat alami ketombe, penyebab ketombe, rambut berketombe, ramuan ketombeRambut Anda berketombe?

Jangan abaikan ketombe, karena mengabaikannya malah membuatnya semakin buruk. Ketombe menyebabkan gatal-gatal, yang mengarahkan Anda untuk menggaruk bagian rambut. Menggaruk kuat dapat menyebabkan luka pada kulit kepala, sehingga mereka rentan terhadap infeksi.

Ada banyak teori tentang penyebab ketombe;

Kulit mati
Satu teori menunjukkan bahwa ketombe adalah proses alami, dan disebabkan oleh pengelupasan kulit kepala. Sama seperti tubuh yang merupakan gudang kulit mati, begitu juga kulit kepala. Ketika kulit ini ditumpahkan pada tingkat yang berlebihan, itu mengarah ke ketombe.

Kulit berminyak

Konon ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering. Namun, hal ini tidak selalu terjadi, ketombe lebih sering disebabkan oleh kulit kepala berminyak. Minyak yang berlebihan membentuk lapisan pada kulit kepala, kemudian mengering, mengental dan menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.

Keringat
Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda berkeringat lebih banyak, yang juga bisa menyebabkan ketombe, terutama jika Anda tidak keramas setiap hari.

Jamur
Bentuk-bentuk tertentu dari ketombe juga diyakini disebabkan oleh jamur pada kulit kepala. Bila ketombe Anda berasal dari jamur, maka ketombe juga tidak bisa sepenuhnya diberantas, hanya bisa dikendalikan. Hal ini karena jamur ini tidak dapat dibasmi sepenuhnya.

Faktor lain yang menyebabkan ketombe diantaranya;
• Cuaca dingin
• Penggunaan gel dan semprotan rambut
• Conditioner tidak cocok
• Kurang bersih saat membilas shampoo
• Jarang mencuci rambut
• Diet
• Hormon

Jika Anda memiliki ketombe ringan, Anda dapat mencoba meningkatkan frekuensi mencuci rambut Anda. Aturan praktis adalah lebih sering Anda bershampo, semakin sedikit ketombe yang Anda akan miliki. Jika perlu, keramaslah setiap hari dengan shampo ringan, untuk menjaga agar ketombe tidak muncul.

Jika shampo ringan tidak bekerja, dan jika ketombe Anda parah, gunakan shampo anti-ketombe yang mengandung selenium sulfide untuk mencuci rambut Anda. Gunakan sedikit saja, karena shampo anti-ketombe cenderung kuat. Setelah menerapkan shampo, biarkan selama setidaknya lima menit sebelum mencucinya, untuk memberikan waktu obat anti-ketombenya untuk bekerja.

Setelah menerapkan shampo, pijat kulit kepala Anda dengan ujung jari Anda untuk relaksasi. Gunakan shampo anti-ketombe dengan shampo biasa secara bergantian. Setelah ketombe telah pergi, beralihlah ke shampo biasa.

Anda juga bisa membuat ramuan dari bahan yang ada di dapur untuk menghilangkan ketombe membandel. Cuka putih adalah obat yang sangat baik untuk ketombe. Campurkan satu cangkir cuka putih dengan satu cangkir air, dan tuangkan ini ke kulit kepala Anda setelah mencuci rambut, sebagai bilasan akhir.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE