Ketahui 6 Penyebab Anak Mual dan Muntah Setelah Makan

Ada beberapa penyebab yang memicu anak mengalami mual juga muntah setelah makan. Jika terus berulang, bisa jadi merupakan indikasi adanya alergi, gangguan pencernaan atau akibat kelainan genetik langka.

anak muntah setelah makan

Namun, bila mual setelah makan di luar kebiasaan dan disertai gejala yang serius maka kemungkinan besar ia mengalami keracunan makanan. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasannya:

1. Alergi

Alergi ini dipicu oleh respon abnormal dari sisten imun tubuh terhadap kandungan protein makanan. Selain mual dan muntah, gejala alergi juga disertai ruam atau pembengkakan di sekitar wajah.

2. Gangguan Pencernaan

Mual dan muntah terus menerus pada anak bisa jadi adalah gangguan pencernaan seperti refluks gastroesofagus atau GERD. Akibatnya, makanan akan kembali dan dimuntahkan.

Selain itu, kebiasaan makan cepat, menelan tanpa mengunyah dengan cukup dan berlebihan saat makan juga menjadi faktor penyebab anak mual dan muntah setelah makan.

3. Gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan infeksi pada usus atau perut yang disebabkan oleh virus dan bakteri atau biasa disebut flu lambung. Penyebarannya rentan terjadi di fasilitas umum tertutup. Anak yang mengalaminya harus segera di bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

4. Flu

Gejala flu biasa disertai dengan demam, sakit kepala, radang tenggorokan dan juga menyebabkan mual dan muntah. Rasa sakit ketika menelan makanan menjadi faktor utama anak-anak menjadi kesulitan makan bahkan memuntahkan kembali makanannya.

5. Keracunan makanan

Keracunan makanan harus segera dilarikan ke rumah sakit. Apabila si kecil mengalami mual dan muntah berlebih, kesulitan bernapas, dan rasa sakit yang signifikan setelah makan, maka besar kemungkinan ia mengalami gejala keracunan makanan.

6. Penyebab lainnya

Salah satu penyebab lain mual dan muntah adalah kelainan genetik yang mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memecah atau mengurai zat yang terkandung dalam makanan.

Meski ringan, gejala mual dan muntah yang dialami anak sebaiknya jangan dianggap remeh. Sebaiknya cepat bawa ke klinik kesehatan agar dokter dapat menangani dan mengetahui penyebab pasti mual dan muntah anak.

Dengan mengetahui penyebabnya, bunda pun bisa memilih solusi yang tepat dalam mengatasi permasalahan ini. Dengan begitu, si kecil bisa kembali makan dengan nyaman dan enak.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE