Ketahui Manfaat Pisang untuk Bayi Anda

child-eating-a-bananaBayi umumnya diberi makan saat saat usianya berkisar antara 4-6 bulan. Tentu Anda ingat ketika melihat adik Anda atau saudara Anda yang melahirkan dan melihat bayi sedang disuapin pisang yang sudah dihancurkan agar bayi lebih mudah mengunyahnya. Namun sebenarnya makan pisang disarankan untuk bayi hingga usianya menginjak 6 bulan bahkan bisa dibiasakan seterusnya karena kandungan pisang sangat baik untuk anak Anda.

Alternatif selain makan pisang adalah makan bubur, namun dibandingkan dengan bubur, pisang jauh lebih bermanfaat dan menyehatkan. Pisang sangat alami, tidak seperti bubur instant yang merupakan olahan, walaupun sudah dijamin gizinya oleh ahli gizi sekalipun, namun terbukti pisang jauh lebih menyehatkan. Tidak kah Anda berpikir, kenapa pisang? Kenapa bukan buah yang lain seperti alpukat, pepaya atau buah lain?

Bukannya buah yang lain tidak boleh dikonsumsi oleh bayi, namun kandungan nutrisi pisang lebih dibutuhkan oleh si bayi. BuahHatiku.com menghimpun beberapa data mengenai nilai gizi pada pisang dari Wikipedia dan beberapa sumber terpercaya, berikut hasilnya:

Kandungan gizi pada pisang melebihi buah lain, bahkan dua kali lipat jika dibandingkan dengan apel. Pisang juga mengandung mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Kalium yang terkandung pada pisang berguna untuk tekanan darah yang ideal serta fungsi jantung yang sehat.

Kandungan vitamin pisang antara lain adalah vitaminPisang juga C, B kompleks, B6, dan serotonin. Serotonin inilah yang berfungsi sebagai sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Sehingga ketika bayi sudah dibiasakan makan pisang, maka pertumbuhan otak akan menjadi baik.

Untuk kandungan karbohidratnya jika dibandingkan dengan nasi, pisang memiliki energi karbohidrat yang lebih cepat daripada nasi, biscuit atau roti. Tak heran jika orang dewasa pun lebih suka memakan pisang untuk cadangan energinya. Kandungan potassium dan serat juga penting untuk bayi Anda.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bayi idealnya makan pisang sejak umur mereka 4 bulan. Jika bayi Anda sudah berusia 8 bulan, Anda bisa menambahkan sereal pada pisang. Namun sebelum memulai memberikan pisang kepada anak Anda, alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE