Ketika Kakak Tak Menginginkan Kehadiran Sang Adik

kakak tak ingin adikBagi sebagian orangtua khususnya ibu, kehamilan kedua memiliki tantangan tersendiri yang pastinya jauh lebih berat perjuangannya. Selain akan menambah satu lagi anggota keluarga baru yang perlu diurus, mungkin saja ada sang kakak yang tidak ingin punya adik. Tak heran jika pada kehamilan kedua ini tidak hanya Anda dan suami yang berdiskusi, tetapi juga melibatkan anak pertama, sang kakak.

Apakah ia akan setuju dan siap memiliki adik? Banyak respon yang ditunjukkan para calon kakak dalam menyambut adik barunya, ada yang senang, sedih, merasa tersaingi, bahkan mungkin ia akan merasa kaget dan merasa tidak senang dengan kehadiran anggota keluarga barunya yang dianggap akan menggeser kasih sayang orangtuanya pada sang kakak. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, berikut ini adalah tips dan trik bagaimana mempersiapkan sang kakak agar siap dan bisa menerima kehadiran calon adik barunya.

Tunjukkan foto-foto atau video bayi

Sebagai bentuk usaha pertama, Anda bisa menunjukkan beberapa foto bayi yang lucu atau video bayi dan balita yang tingkahnya sangat menggemaskan. Saat Anda menunjukkan hal tersebut, kaitkan obrolan Anda dengan foto atau video bayi yang sedang ditonton dengan menceritakan kelucuan dan kegemasan si bayi. Lalu coba tanyakan padanya apakah kakak ingin punya adik bayi yang lucu seperti di foto tersebut? Usahakan untuk tidak memberikan pujian yang berlebihan pada gambar atau video bayi yang sedang Anda tonton bersama, hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan kecemburuan sehingga ia tidak ingin memiliki adik.

Ajak menengok bayi

Nah, jika kebetulan ada saudara atau teman yang baru saja melahirkan, cobalah untuk mengajak kakak ikut mengunjungi bayi mereka. Hal ini bisa Anda jadikan kesempatan terbaik untuk memancing sang kakak siap menerima kehadiran anggota keluarga baru. Dengan mengajaknya menengok bayi, mungkin saja ia akan tertarik saat melihat ekspresi lucu yang ditunjukkan si bayi.

Bacakan buku

Buku adalah gudangnya ilmu, dengan buku seperti buku cerita atau dongeng, Anda bisa menceritakan hubungan persaudaraan kakak dan adik yang baik melalui buku dongeng tersebut. Melalui cerita atau dongeng diharapkan sang kakak memiliki pemahaman tentang perannya sebagai kakak untuk adik barunya kelak.

Ajak kakak berpartisipasi membuatkan nama bayi

Tidak ada salahnya juga untuk mengajak kakak ikut berpartisipasi membuatkan nama untuk calon adiknya kelak bersama kedua orangtuanya. Dengan cara ini, ia merasa dilibatkan dan dihargai hak juga peranannya sebagai seorang kakak. Ia juga akan merasa tidak dilupakan oleh orangtuanya meskipun akan hadir anggota keluarga baru.

Sesekali, ajak kakak ikut periksa kandungan

Saat Anda hendak memeriksakan kandungan, sesekali ajaklah sang kakak dan tunjukkan adiknya melalui layar USG. Perdengarkan detak jantungnya, pasti ia akan merasa sangat senang dan antusias menanti kehadiran calon adiknya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE