Khasiat tak Terduga Buah Semangka untuk Anak-Anak

Memberi asupan bernutrisi pada bayi meskipun pola makan bayi berubah sesuai usia sangatlah penting. Ketika bayi sudah mencapai usia 6 bulan, di mana sudah boleh mengonsumsi makanan pendamping ASI, buah-buahan tropis seperti semangka bisa memiliki manfaat kesehatan. Bunda bisa mengenalkan buah semangka pada anak usia 6 bulan dan memberinya secara rutin di usia 8-10 bulan.

khasiat buah semangka

Salah satu alasan mengapa buah semangka sangat baik bagi bayi adalah kandungan air dalam semangka yang tinggi sehingga menjadi buah yang baik dikonsumsi oleh bayi. Dikutip dari website nakita, 6 khasiat kesehatan jika bayi mengonsumsi semangka;

1. Kaya Vitamin A

Vitamin A pada semangak akan membuat kulit si kecil tetap sehat dan segar. Begitu pun dengan mata si bayi yang akan meningkat dan juga dapat meningkatkan jaringan lunak dan selaput lendir.

2. Kaya Vitamin C

Vitamin C yang terkandung pada semangka dapat menjaga jumlah sel darah serta hemogoblin melalui penyerapan zat besi. Satu hal yang terpenting dari khasiat vitamin C adalah dapat memperkuat system kekebalan tubuh. Pun vitamin C ini juga dapat mencegah si kecil terkena penyakit kulit yaitu kudis.

3. Sumber serat

Serat yang terkandung pada semangka akan mengurangi tanda-tanda sembelit pada si bayi, membantu melancarkan system pencernaan dan mengatur pergerakan usus.

4. Menjaga bayi terhidrasi

Mungkin Bunda akhir-akhir ini mengeluhkan cuaca panas yang kurang bersahabat bagi sekil. Muncul pertanyaan-pertanyaan di atas kepala “apakah si kecil kepanasan?”. Namun, Bunda harus segera menyelesaikan permasalahannya dengan memberi semangka pada si bayi.

Semangka yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi dapat membuat bayi terhidrasi dengan baik. Jadi kemungkinan bayi mengalami gangguan kepanasan dan ketidaknyamanan yang membahayakan si bayi akan terkendali berkat si buah tropis semangka ini.

5. Perkembangan tulang

Semangka ternyata juga mengandung magnesium dan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan sekresi hormone pada tubuh. Untuk membangun otot yang kuat dan sehat serta meningkatkan kelancaran fungsi saraf bayi, magnesium-lah yang berperan aktif. Maka dari itu semangka sangat penting untuk tumbuh kembang bayi.

6. Vitamin B complex

Manfaat yang diberikan vitamin B complex dilihat dari perkembangan anak secara keseluruhan yang dilihat dari system saraf bayi yang memperkuat kandungan protein dan metabolisme karbohidrat.

Cara memberikan semangka pada bayi

Bayi yang akan diberi semangka haruslah minimal berusia 6-8 bulan. Belilah semangka pada toko yang terpercaya. Potong kecil-kecil semangka sebelum diberikan pada si bayi.

Jika bayi tidak mau, sedikit haluskan semangka ketika diberikan pada si bayi. Yang terpenting adalah bersihkan biji semangka dahulu sebelum diberikan pada bayi. Hindari memberikan jus semangka yang dijual bebas karena akan meningkatkan resiko lubang gigi.

Untuk semangka yang dingin setelah ditaruh di kulkas, lebih baik didiamkan dahulu sampai suhu ruang. Beberapa bayi dapat mengalami reaksi alergi seperti diare, muntah, ruam dan pusing setelah memakan semangka.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE