Klappertaart – Penganan Khas Manado yang Dipengaruhi Kuliner Belanda

November 21st, 2014

dessert recipe, resep makanan indonesia, resep klapertart, resep masakan indonesia, resep makanan, aneka resep masakan, kue lebaran, klapertart, klappertaart, easy dessert recipes, easy recipes, easy healthy recipes, easy breakfast recipesDessert Klappertaart yang menjadi idaman banyak orang ini atau mungkin salah satunya Anda ternyata berasal dari Manado, Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah banyak toko-toko yang menjual Klappertaart ini, bahkan si empunya kuliner asli asal “Belanda” inipun bisa Anda temukan di sudut-sudut kota.

Sejarah kolonialisme Belanda tidak hanya mempengaruhi politik, bahasa dan adat budaya, tetapi juga sampai ke ranah makanannya. Salah satunya yaitu Klappertaart ini, namanya diambil dari bahasa Belanda yang memiliki arti Kue Kelapa. Banyak yang mengira bahwa Klappertaart adalah kue asli Indonesia, padahal kue ini berasal dari Belanda yang resepnya dibawa oleh para pedagang Belanda sendiri, karena pada masa itu persebarannya hanya sebatas sampai manado jadi Klappertaart haya dikenal oleh masyarakat sekitar situ. Alhasil, Klappertaart banyak dijumpai di kota Manado, dan disebutlah sebagai kuliner khas Manado.

Kini, kue yang berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur ini bisa dijumpai di sudut-sudut kota khususnya Bandung, tidak hanya ada di Manado saja. Klappertaart sendiri bisa dimasak dengan 2 teknik yaitu dipanggang dan dikukus. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan Klappertaart dalam bentuk padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumya. Namun jika dikukus akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, meleleh saat masuk di mulut. Kue ini paling nikmat disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh terlalu lama berada di suhu ruang.

Saat ini, banyak pengusaha yang mencampur adonannya dengan campuran adonan yang memiliki jumlah kandungan kalorinya rendah, mengingat jumlah kalori yang terkandung dalam Klappertaart cukup tinggi. Hal ini untuk menyiasati para dieters yang ingin tetap menikmati Klappertaart. Biasaya mereka mengganti bahan susu dan gula yang biasa digunakan dengan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori agar jumlah kalori yang terkandung di dalamnya bisa berkurang.

Di daerah Bandung sendiri ada Klappertaart yang terkenal dan bisa menjadi referensi jika Anda ingin mebelinya yaitu: (1) Evieta Klappertaart yang berlamat di J. Ir. H. Djuanda no 81, (2) Den Haag Klappertaart yang beralamat di Jl. LL. R.E. Martadinata (Riau) no. 22 Bandung.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler