Kuliner Khas Bandung yang Patut Anda Coba!

tempat wisata di bandung, hotel murah di bandung, wisata bandung, hotel di bandung, hotel bandung, kuliner bandungBandung adalah surganya kuliner! Pasti semua orang sudah mengakuinya. Tidak afdhal jika berkunjung ke Bandung, namun belum mencoba kuliner-kuliner khas kota Bandung. Memang, bandung dikenal dengan kuliner yang inovatif, kreatif dan jarang ditemui di kota lain.

Beberapa makanan khas kota Bandung yang akan dibahas di bawah ini bukanlah makanan berat, justru yang dijelaskan di sini adalah berupa camilan yang bisa Anda nikmati sebagai makanan pembuka sebelum makanan berat atau hanya sebagai camilan saja.

Berikut adalah referensi makanan khas kota Bandung yang wajib Anda coba.

Surabi

Surabi biasa dikenal dengan nama Serabi, merupakan jajanan pasar tradisional khas Indonesia.  Surabi dimasak di atas semacam wajan yang terbuat dari tanah liat. Surabi pas jika disajikan dengan hangat di waktu pagi atau malam hari. Saat ini surabi sudah lebih modern lagi, dulunya toping hanya sebatas kinca yang terbuat dari gula jawa manis berkuah dengan parutan kelapa. Namun kini lebih bervariasi dengan toping berupa cokelat, susu, fla, keju dan semacamnya, Bahkan kinipun ada surabi yang asin dengan toping sosis, mayones dan semacamnya.

Seblak Basah

Seblak terbuat aci yang dibuat seperti kerupuk yang direbus. Kemudian seblak ini ditumis lagi dengan bumbu halus dan dicampur dengan sedikit air. Rasanya sudah tentu gurih. Kini seblak bertransformasi dengan campuran lain, seperti macaroni, telur, mie, siomay, ceker dan berbagai makanan lain. Bagi yang pertama kali coba tentu bingung milih campuran mana, namun kami rekemondasikan kerupuknya terlebih dahulu biar tau versi originalnya.

Cireng

Cireng sebenarnya adalah singkatan dari aci digoreng. Aci sendiri adalah tepung yang diolah sedemikian rupa, kemudian digoreng. Warnanya putih dan rasanya pun asin. Kini cireng bertranformasi dengan isi yang beraneka ragam, seperti sosis, cornet, keju, bakso dan semacamnya. Cireng akan lebih nikmat jika disantap dalam kondisi hangat.

Cilok

Cilok juga mempunyai kepanjangan, yakni Aci dicolok. Aci diolah kemudian dibentuk bulat dan direbus sehingga bentuknya menyerupai bakso. Biasanya cilok juga diisi dengan telur, daging atau semacamnya. Cilok disajikan selagi hangat dengan campuran bumbu kacang yang lezat.

Combro

Combro singkatan dari Oncom dijero. Combro terbuat dari ubi dan tepung aci yang disatukan kemudian digoreng, biasanya combro jga erisi sambal kering tumis oncom. Combro bisa didapatkan di orang yang jual gorengan di jalanan dengan harga yang sangat terjangkau.

Peyeum

Peyeum disebut juga tape, terbuat dari singkong yang direbus, kemudian difermentasikan dengan ragi.

Colenak

Colenak ini singkatan dari Dicocol enak, bahan dasarnya peyeum yang dibakar dan disajikan dengan saus yang dibuat dari parutan kepala dan gula merah.

Bandrek

Bandrek adalah minuman khas Bandung, biasanya disajikan malam hari atau cuaca dingin. Memang bandrek disajikan untuk menghangatkan tubuh. Bandrek terbuat dari jahe dan gula merah, Biasanya juga ditambahkan rempah=rempah agar bisa lebih menghangatkan tubuh.

Bajigur

Selain bandrek, bajigur adalah minuman khas Bandung. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan yang dicampur dengan jahe, garam dan bubuk vanili. Sama halnya dengan bandrek, bajigur juga akan lebih nikmat disantap selagi hangat saat cuaca dingin atau malam hari.

Es Goyobod

Bagi Anda yang menginginkan minuman dingin, goyobod kami rekomendasikan untuk Anda. Terbuat dari tepung sagu aren yang diolah hingga berbentuk seperti seperti agar-agar Kemudian goyood tersebut biasanya dicampur dengan bahan lain layaknya es campur misalnya buah alpukat, santan, cendol, irisan roti dan tidak lupa es parut dengan santan dan susu atau sirup gula, menggiurkan bukan?

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE