Lutut Sering Merasa Sakit Saat Naik Tangga? Ini Dia Penyebabnya!

lutut sakit naik tanggaBeberapa orang memiliki keluhan yang sama saat menaiki tangga atau berjalan di jalan yang sedikit menanjak, yakni lutut yang terasa sakit. Ternyata, kejadian ini banyak dialami oleh sebagian masyarakat, terutama mereka yang berusia lanjut.

Sebagian dari mereka sering menganggap keluhan sakit pada lutut sebagai gejala yang normal terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Padahal, pada kondisi normal hal ini seharusnya tidak terjadi saat beraktivitas termasuk naik tangga. Bila kemudia timbul rasa sakit, mungkin memang ada penyakit lain yang mendasari terjadinya lutut tersebut. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan keluhan sakit pada lutut pada saat naik tangga, antara lain:

Patellofemoral pain syndrome

Pada Patellofemoral pain syndrome, lutut sakit saat naik tangga menjadi salah satu gejala utamanya. Kondisi ini paling banyak dialami oleh para atlet, meskipun bisa juga dialami oleh mereka yang bukan atlet. Oleh karena itu, Patellofemoral pain syndrome juga sering disebut sebagai penyakit lutut pada atlet atau “runner’s knee”.

Rasa sakit pada lutut saat naik tangga yang disebabkan Patellofemoral pain syndrome ini disebabkan oleh pemakaian sendi lutut secara berlebihan atau pergeseran susunan sendi lutut akibat melakukan suatu aktivitas.

Kneecap Tracking

Lutut kita memiliki tempurung yang terikat pada otot-otot. Bila salah satu otot sekitarnya ada yang lemah, maka tempurung ini dapat tertarik ke sisi otot yang kuat dan menyebabkan pergeseran lutut (patellar tracking disorder), pergeseran inilah yang akan menyebabkan lutut terasa sakit saat naik tangga. Bentuk telapak kaki yang datar juga dapat meningkatkan risiko pergeseran lutut, yang akhirnya bisa menimbulkan rasa sakit pada lutut saat naik tangga.

Peradangan Tendon

Lutut yang sakit saat naik tangga juga dapat disebabkan oleh peradangan tendon. Tendon adalah jaringan ikat yang menghubungkan sendi dengan tulang. Pada lutut, tendon sangat berperan dalam melindungi lutut dari gerakan mendadak. Bila lutut digunakan secara berlebihan, seperti pada atlet atau tentara, dapat mengakibatkan iritasi dan peradangan di tendon lutut. Peradangan tendon ini dapat menjadi salah satu penyebab lutut sakit saat naik tangga.

Radang Sendi Lutut

Dalam pergerakan sendi, tulang rawan yang terletak antara sendi dan tulang memegang peranan yang amat penting. Pada suatu kondisi yang dinamakan Chondromalacia patella, tulang rawan ini rusak dan mengakibatkan pergerakan sendi menjadi terhambat dan tidak lancar. Hambatan pergerakan sendi ini menyebabkan lutut akan terasa sangat sakit saat beraktivitas, termasuk saat naik tangga. Pada beberapa kondisi, lutut bahkan tetap terasa nyeri walaupun sedang istirahat.

Menjaga kesehatan sendi sangatlah penting untuk mencegah terjadinya lutut terasa sakit saat naik tangga. Olahraga intensitas ringan hingga sedang, seperti berjalan, berenang dan yoga merupakan pilihan yang baik untuk mempertahankan kelenturan sendi dan struktur sekitarnya. Selain itu, pastikan juga asupan harian kalsium Anda tercukupi kebutuhannya. Kalsium dapat Anda temukan pada makanan seperti susu, yoghurt, dan brokoli.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE