Mainan yang Baik dan Edukatif untuk Anak

mainanBicara soal mainan untuk anak, memang tidak ada habisnya dan tentu mengikuti perkembangan jaman juga. Mainan anak haman sekarang tentu tidak sama dengan waktu Anda kecil dulu yang sederhana, namun jika mengingatnya tentu bisa senyum-senyum sendiri.

Pertanyaannya, maukah anak Anda diberi mainan yang sama dengan mainan Anda waktu kecil? belum tentu! karena bisa jadi anak Anda sedikit sudah terpengaruh dengan apa yang sudah pernah dilihatnya, entah dari televisi, dari mainan kepunyaan teman-temannya atau bahkan mereka menemukan sendiri ketika berjalan-jalan di mall.

Mainan untuk anak tak harus mewah, percuma jika mewah namun hanyalah mainan yang tak berarti apa-apa, tidak edukatif, hanya sebagai barang yang menunggu untuk diwariskan, disimpan di gudang atau bahkan rusak begitu saja. Sebagai orang tua Anda harusnya tau mana mainan yang baik untuk anak Anda tersebut.

Buahatiku pernah membahas mainan lego, yang menuntut kreativitas anak. Nah, pada artikel ini buahatiku.com akan membahas beberapa hal yang bisa Anda perhatikkan sebelum membelikan mainan untuk anak.

Konsol Game antara Perlu dan Tidak Perlu

Konsol game seperti PlayStation, Nintendo atau X-Box memang kurang perlu untuk anak Anda, terutama jika usianya masih balita hingga SD. Alternatifnya banyak kokk, Anda bisa memberi game yang bisa didapatkan di store untuk smartphone yang bisa didownload free. Atau game online pun dirasa cukup mewakili. Namun yang penting dari semua itu adalah pengawasan Anda kepada anak ketika bermain game, perlu Anda perhatikan game apa yang dimainkan dan wakitu juga hartus dibatasi. Tugas utama mereka adalah belajar. Bolehkan anak Anda bermain game ketika sudah melakukan kewajiban mereka.

Cari Mainan yang Mendorong dan Menarik

Mainan yang menarik di sini adalah mainan yang pola permainannya adalah didorong dan ditarik. Tak sulit Anda temukan di pasaran bukan? Mainan yang didorong dan ditarik bisa memberikan balita sandaran dan dia bisa bergerak lincah, ini bisa melatih motorik anak Anda. Sementara mainan yang ditarik bisa membuat mereka lebih mahir dan bisa melihat belakang saat mereka bergerak ke depan. Mainan ini bisa jadi akan menjadi mainan favorit anak Anda.

Cari Mainan Memilih

Mainan yang cara bermainannya memilih  bisa meningkatkan kreativitas anak. Contohnya adalah Lego. Anak-anak akan memilih, memasang, menyusun dan membentuk satu kesatuan yang pada dasarnya bisa mengajarkan tata kehidupan mereka nanti. Di sini anak juga akan dilatih memecahkan sebuah masalah atau sebiah usaha untuk mewujudkan keinginannya.

Gadget bukan Mainan

Gadget adalah bukan mainan untuk anak Anda. Gadget adalah alat untuk berkomunikasi. Ada salah kaprah bahwa gadget dianggap sebagai mainan, mungkin karena konten gadget yang salah satunya adalah untuk bermain. Memang gadget kadang berguna untuk anak, carilah gadget dengan kontent khusus anak. Dengan ini secara tidak langsung Anda juga mengenalkan teknologi kepada anak Anda.

Mainan Karakter untuk Bercerita

Bonekam, barbie atau action figure adalah salah satu mainan yang bisa membuat anak bercerita, maksudnya adalah tentu ketika anak bermain mainan seperti ini, anak Anda akan ngomong sendiri, membuat cerita khaylan mereka sendiri. Ini bermanfaat untuk membuat anak Anda berbicara dan sedikit memutar otak untu menciptakan alur cerita secara kreatif. Bagi perempuan,  Anda bisa membelikan boneka atau barbie, sedangkan untuk laki-laki, Anda bisa membelikannya action figure karakter favoritnya.

Mainan Memanjat

Bermain mainan memanjat jangan dianggap sebagai mainan yang riskan. Mainan memanjat seperti climbing frame bisa memberikan anak kebebasan. Anak akan memanjat, bersembunyi dan menjadikan mainan ini sebagai tempat untuk melatif semua motoriknya. Harganya memang mahal dan perlu pengawasan secara khusus.

Bermain Bola

Bermain bola bukan hanya untuk anak laki-laki saja. Lagipula bermain bola juga mudah kan? dan bola sendiri banyak jenisnya, seperti bola sepak, bola tenis atau booa pantai. Bola bisa melatih kesigapan anak dalam menangkap sesuatu. Carilah bola yang sesuai, jangan terllau kecil karena bisa tertelan. Mainkan bola dalam ruangan yang cukup luas.

Nah, itu tadi adalah beberapa mainan yang direkomendasikkan untuk anak Anda. Ingat, jangan membuang-buang uang untuk membeli mainan yang sama sekali tidak berguna bagi anak Anda.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE