Makanan ini Menjadikan Otak Anak Cemerlang

cerdaskan-otak-kidcareindonesia-comPada masa emas, khususnya di usia sekolah anak-anak membutuhkan nutrisi yang baik untuk mendukung konsentrasi belajar dan perkembangan otaknya. Dengan begitu anak-anak bisa fokus dalam menyimak pelajaran di sekolah dengan mudah. Sebagai orangtua, selain berkewajiban memberikan pendidikan yang layak juga wajib mencukupi kebutuhan nutrisinya sehari-hari. Hal tersebut bisa didapatkannya dari makanan yang ibu berikan, seperti sarapan pagi yang bergizi dan makanan-makanan lain yang mendukung perkembangan otaknya.

Energi yang didapatkannya dari sarapan pagi yang sehat merupakan sumber bahan bakar terpenting untuk anak beraktivitas di siang harinya. Oleh karena itulah, sebaiknya ibu membantu si kecil sebisa mungkin menyantap sarapan pagi terlebih dahulu, pilihlah makanan yang mudah dicerna seperti buah-buahan, roti gandum atau sereal. Selain itu, ibu juga harus pandai dalam mengatur pola makan si kecil, karena pola makan dan nutrisi yang baik pada sebuah makanan sangat berperan penting terhadap perkembangan otak cerdasnya. Seperti beberapa makanan berikut ini yang bisa ibu jadikan alternatif untuk mendukung perkembangan otak anak agar bisa berpikir cerdas dan cemerlang.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki peranan penting untuk menjaga fungsi otak. Omega 3 ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menjauhkan anak dari dimensia dan bentuk penurunan fungsi dari otak yang terkait dengan bertambahnya usia anak. Dan salah satu sumber asam lemak Omega 3 alami terbaik terdapat pada ikan salmon.

Selain itu, manfaat lain dari memberikan ikan pada anak sebagai menu makanannya adalah mampu mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Ikan mengandung protein yang cukup tinggi, kaya akan vitamin dan mineral, rendah lemak dan mengurangi kadar kolesterol LDL, di mana lemak jenuh inilah yang memiliki peranan aktif menaikkan kadar kolesterol jahat yang ada pada darah. Sementara manfaat minyak ikan untuk janin dan bayi yang masih menyusui berguna untuk perkembangan otak bayi ataupun janin yang ada dalam kandungan, serta baik juga dalam menjaga stamina otak agar tetap sehat.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik untuk otak, jenis makanan ini mamapu mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak. Untuk itulah, tidak heran jika kacang seringkali disebut sebagai makanan spesial sebab memiliki kandungan protein dan energi serta karbohidrat yang kompleks. mengkonsumsi kacang-kacangan sangat disarankan untuk anak-anak, terutama baik dikonsumsi saat sore hari karena pada waktu tersebut kemampuan tubuh mencapai puncaknya dalam menyerap zat-zat bergizi. Selain itu, kacang jug kaya akan kandungan mineral dan vitamin.

Bayam

Sejak jaman dahulu, bayam diyakini sebagai sumber makanan yang kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh terutama untuk anak-anak. Kandungan folat yang tinggi pada bayam berperan baik untuk memperlambat penurunan fungsi kognitif dan mempertajam otak anak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi lebih banyak sayuran sangat efektif untuk Anda yang ingin memiliki kemampuan otak yang lebih baik. Selain itu, manfaat lain dari kandungan bayam untuk kesehatan di antaranya melawan sel kanker, mencegah osteoporosis, mengurangi resiko penyaki kardiovaskular, mencegah anemia, diabetes, dan masih banyak lagi.

Buah Berry

Buah Berry memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi dan mampu mengurangi stres pada otak. Buah berry terutama jenis Blueberry dapat membantu mengatasi penyakit alzheimer dengan mengurangi stres oksidatif. Sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa buah berry yang dicampur pada bahan makanan mampu meningkatkan memori otak menjadi lebih muda dan menajamkan daya ingat.

Kenari

Di antara beberapa makanan nabati, kenari merupakan jenis makanan yang mengandung asam omega 3 yang paling tinggi. Kenari juga mengandung anti oksidan yang memapu meredakan stres pada otak. Dengan demikian, tidak ada salahnya jika Anda mulai menyertakan makanan yang berbahan dasar kenari dimeja makan untuk dikonsumsi si kecil.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE