Manfaat Besar Kebiasaan Membacakan Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

April 5th, 2018

Orang tua memiliki tugas besar dalam mendidik anak. Tidak hanya berat, tugas ini juga menghabiskan waktu yang banyak. Waktu kerjanya, terhitung ketika anak baru bangun hingga si kecil menjelang tidur.

Salah satu bagian dari tugas tersebut adalah membiasakan diri untuk membacakan dongeng bagi si kecil. Kebiasaan ini bisa bunda lakukan ketika anak menjelang tidur.

dongeng sebelum tidur

Ada beragam manfaat yang bisa diperoleh dengan membiasakan hal ini, di antaranya adalah:

1. Mengembangkan kemampuan imajinasi si kecil

Manfaat pertama dari membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak adalah membantu mereka mengembangkan imajinasi. Ketika mendengar cerita bunda, anak akan membayangkan cerita tersebut di kepalanya. Semakin sering mereka mendengar cerita, imajinasi tersebut akan semakin kuat.

Bunda akan terkejut kalau mendengar secara langsung imajinasi yang ada di kepala anak. Apalagi, kalau si kecil terbiasa mendengar cerita dan punya stok imajinasi yang banyak.

2. Meningkatkan kemampuan verbal anak

Membacakan dongeng untuk anak juga membantu si kecil dalam meningkatkan kemampuan bicaranya. Ketika mendengar sebuah dongeng, mereka akan melontarkan satu atau dua kata sebagai respons atas cerita yang didengarkan.

Tidak hanya itu, ketika pernah mendengar sebuah cerita, anak akan secara respons mengingat kisah itu di kepalanya. Tak jarang, secara tidak sadar, mereka akan menceritakan kembali kisah itu, baik kepada bunda, teman, atau kepada ayah.

3. Sarana pembentukan karakter anak

Memberikan dongeng sebelum tidur kepada anak juga menjadi sarana bunda dalam membentuk karakter anak. Semakin sering cerita positif yang bunda berikan, anak akan semakin terobsesi dengan sifat dari karakter yang ada dalam cerita.

4. Meningkatkan ikatan emosional

Terakhir, aktivitas sebelum tidur ini akan menjadi sarana bunda untuk meningkatkan ikatan emosional dengan anak. Mereka akan merasa rindu dengan kebiasaan positif ini. Kalau bunda terlewat karena lupa tidak bercerita, anak akan merasa kesepian karena kebiasaan itu sudah menjadi hal positif yang diperolehnya.

Lalu, bagaimana bunda bisa memperoleh stok cerita yang melimpah? Gampang saja. Sediakan buku yang banyak di rumah. Utamanya adalah buku cerita tentang anak. Bisa pula memilih cerita tentang kepahlawanan atau sosok yang berpengaruh penting dalam sejarah.

Komentar

BACA JUGA