Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan: Obati Diabetes & Turunkan Berat Badan Secara Alami!

chia seedBelakangan ini, Chia seed begitu hangat diperbincangkan di kalangan pecinta makanan organik dan juga penggiat pola makan sehat dan dieters, meskipun bagi beberapa orang mungkin Chia Seed masih sangat awam terdengar. Konon katanya, biji yang mungil ini mampu menurunkan berat badan dan juga mengobati penyakit diabetes, lho.

Chia seed adalah biji dari tanaman mint yang tumbuh di wilayah padang pasir. Tanaman ini juga dikatakan berasal dari Amerika tengah khususnya pada wilayah Mexiko dan Guatemala. Suatu suku yang bernama suku Aztec menjadikan chia seed sebagai makanan pokok mereka, karena menurut kepercayaan mereka biji cia dapat meningkatkan energi atau stamina tubuh. Memang bagi sebagian masyarakat ada yang tidak mengetahui tentang keberadaan dan khasiat dari tanaman ini, chia seed kaya dengan kandungan nutrisi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Biji Chia sendiri baru masuk ke Indonesia belum lama ini, namun ternyata langsung menjadi salah satu makanan organik terfavorit. Rasa dari chia seed sendiri cenderung hambar, dan untuk menyantapnya, Anda perlu merendamnya di dalam cairan atau air selama beberapa menit, dan bisa juga dengan mencampurkannya dengan makanan lain. Jika Anda ingat, biji ini mirip sekali dengan biji selasih yang kita kenal di Indonesia.

Dalam biji Chia terdapat kandungan Omega-3, Karboidrat, Protein, Fiber, Anti Oksidan, dan Kalsium. Biji chia dapat langsung dikonsumsi atau bisa dicampurkan sebagai bahan makanan. Chia seed terdiri dari 2 jenis yaitu chia seed hitam dan chia seed putih. Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mencolok dari kedua jenis ini hanya warnanya saja yang berbeda. Hanya untuk Chia seed berwarna putih sedikit lebih gurih dibandingkan dengan warna hitam. Akan tetapi kandungan nutrisi dari kedua jenis ini masih sama, karena keduanya berasal dari satu keluarga. Pemilihan Chia seed sendiri untuk di konsumsi tergantung dengan kesukaan masing-masing. Jadi tidak ada perbedaan yang sangat khusus antara jenis biji chia tersebut.

Perbandingan kandungan nutrisi dalam Chia Seed:

  • Kandungan Omega-3 dalam Chia Seed 8x lebih tinggi dibandingkan dengan ikan salmon.
  • Kandungan Kalsium dalam Chia Seed 6x lipat besarnya dibandingkan dengan susu.
  • Jumlah Protein dalam Chia Seed 2x kali lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian lainnya.
  • Kandungan Pottasium dalam Chia Seed 6x lebih banyak dibandingkan dengan pisang.
  • Jumlah Antioksidan dalam Chia Seed 3x lebih banyak dibandingkan dengan bluberry.
  • Kandungan Zat besi yang terdapat dalam Chia Seed 3x lebih tinggi jika dibandingkan dengan bayam.

Biji chia adalah sumber protein yang terlengkap yang menyediakan semua asam amino yang penting bagi tubuh dan sangat muah dicerna. Selain kaya dengan kandungan nutrisi dan mudah dicerna, biji chia ternyata sangat tahan lama. Biji chia dapat disimpan dalam keadaan kering selama 4 hingga 5 tahun lamanya, selama jangka waktu tersebut biji chia tidak akan mengalami penurunan rasa, aroma, ataupun kandungan gizi dan nutrisinya. Berikut manfaat Chia Seed bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Menghidrasi untuk atlet
  • Menyerap gula dan baik bagi penderita diabetes
  • Bebas Gluten
  • Mengandung Omega-3
  • Mendorong nafsu makan, memperbaiki kulitas tidur dan meningkatkan mood positif seseorang
  • Membantu proses pembentukan tulang dan gigi, metabolism tubuh, dan memperbaiki sel yang rusak.
  • Kaya kandungan mineral mangan
  • Membantu mencegah peradangan dan jantung
  • Membantu proses detoksifikasi

chia seed

Cara mengkonsumsi Chia Seed:

  1. Biji chia yang memiliki tekstur lembut dapat dicampurkan dengan sereal, nasi, yoghurt, sayuran, dan juga dalam berbagai jenis minuman.
  2. Kebanyakan Chia Seed dicampur dengan air minum dan bisa meminumnya seperti biasa.
  3. Biji chia juga dapat dibuat menjadi jelly atau yang biasa kita sebut dengan agar-agar. Caranya sangat mudah sekali larutkan 8 sendok makan biji chia dengan 2 gelas air putih, aduk hingga rata setelah itu simpan dalam lemari es.
  4. Tidak hanya membuat jelly yang dapat dikonsumsi, namun jelly dari chia seed ini dapat di tambahkan dalam puding atau juga saus salad.
  5. Chia seed dapat juga dimasukkan dalam minuman jus.
  6. Biji chia juga bisa ditaburkan di atas buah yang telah dipotong-potong.
  7. Ternyata saat biji chia direndam lama, maka kandungan nutrisinya semakin tinggi.

Berani hidup sehat? Yuk, mulai dari sekarang!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE