Manfaat Hujan-Hujanan Untuk Anak Yang Jarang Diketahui

November 24th, 2017

Anak-anak mana yang tak suka main hujan-hujanan? Semua anak pasti senang. Namun, orang tua kerap kali melarang anak-anak bermain hujan-hujanan. Kalimat larangan yang umun diucapkan orang tua ialah “jangan main hujan, nanti sakit”.

anak hujan-hujanan

Tetapi, apakah moms tahu bahwa bermain hujan juga memiliki manfaat yang jarang diketahui banyak orang. Berikut manfaat bermain hujan-hujan untuk anak-anak.

- Menambah Pengetahuan Anak

Ketika anak-anak bermain hujan, Anda dapat menemaninya sekaligus memberikan parenting dengan penjelasan sederhana pada si kecil tentang hujan, darimana datangnya hujan, apa bahaya jika terlalu lama bermain hujan, atau apapun pertanyaan yang dilontarkan si kecil.

- Menambah Kemampuan Fisik Dan Motorik

Saat si kecil bermain hujab, ia secara tidak langsung menggerakkan seluruh tubuhnya untuk mengekspresikan kegembiraannya. Anak-anak akan cenderung melompat, menengok ke atas, menadah hujan dengan tangan, mencipratkan air, hingga merasakan perubahan sensor dari panas ke dingin.

Aktivitas gerak tersebut akan merangsang kemampuan fisik yang optimal. Dan juga merangsang stimulasi motorik terhadap rangsangan kulit yang langsung terkena air serta perubahan sensor pada suhu.

- Merangsang Kreativitas Dan Imajinasi Anak

Sama seperti orang dewasa, ketika turun hujan akan muncul imajinasi. Contohnya ketika melihat genangan air anak-anak akan mencari berbagai benda untuk diletakkan dalam genangan air dan terkadang membuat cerita sesuai imajinasinya.

Masih banyak yang dapat dilakukan si kecil ketika berimajinasi. Anak-anak akan mencoba berpikir kreatif, ditambah melakukan dengan cara yang menyenangkan.

Mengizinkan anak-anak bermain hujan sah-sah saja. Namun banyak hal lain yang harus diperhatikan diantaranya:

1. Jangan Di Hujan Pertama

Faktanya, hujan pertama turun pertama kali adalah hujan yang berfungsi membersihkan polusi udara. Polusi udara akan terbawa dengan air hujan dan pastinya tak baik untuk kesehatan si kecil.

Anda dapat mengizinkan anak-anak bermain hujan dalam kurun waktu beberapa hari setelah hujan pertama.

2. Segera Lepas Pakaian dan Mandi Air Hangat

Setelah main hujan, lebih baik segera lepas pakaian dan mandi air hangat. Hal tersebut berguna agar kelembaban tidak meresap hingga paru-paru dan air hangat untuk menyeimbangkan suhu pada tubuh.

Disarankan juga untuk merendam dan menggosok kaki dengab air garam hangat atau menggunakan sabun antiseptik, agar mencegah adanya infeksi bakteri yang terbawa air hujan.

3. Beri Asupan Makanan Hangat Dan Tidur

Setelah bermain hujan, tubuh si kecil akan merasa dingin dan lapar. Anda dapat memberinya makanan dan minuman hangat untuk menghangatkan tubuh dari dalam. Setelah itu, ajaklah si kecil beristirahat dengan menyuruhnya tidur. Tidur setelah hujan dapat membuat si kecil terhindar dari sakit.

Komentar

BACA JUGA