Manfaat & Khasiat Dari Daun Seledri

seledriDaun seledri sangat familiar di kalangan ibu rumah tangga yang gemar memasak, karena daun seledri sering dijadikan sebagai salah satu bumbu penyedap masakan berkuah hingga jajanan seperti bakso pun memakai taburan irisan daun seledri. Aromanya yang khas semakin menambah selera makan seseorang, daun ini pun sering dijadikan hiasan dalam sajian sebuah makanan.

Selain dijadikan bumbu penyedap, banyak orang percaya dan sudah mengamalkan daun seledri sebagai obat herbal dalam mengatasi rambut rontok, mempertebal rambut balita hingga menghitamkan rambut. Namun, benarkah daun seledri ini memiliki khasiat tersebut? Yuk simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

Sebagai penyubur rambut. Masalah rambut saat ini sangat beragam, mulai dari kerontokan akibat sering gonta ganti shampoo, gaya rambut yang menggunakan berbagai jenis bahan kimia, dan faktor lainnya. Kerontokan memang hal yang wajar, namun perlu diwaspadai jika kerontokan dirasa semakin mengganggu dan banyak menimbulkan helaian rambut menipis. Kerontokan bisa menyebabkan kebotakan, oleh karena itu harus segera diatasi. Salah satu solusi paling ampuh dan murah meriah tanpa perlu mengeluarkan biaya perawatan yang mahal di salon tertentu, lebih baik Anda mulai memanfaatkan daun seledri sebagai obat herbal penyubur rambut. Terapi dengan daun seledri dapat melebatkan kembali rambut dan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih.

Anda hanya perlu menyiapkan 10 tangkai daun seledri yang kemudian dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender, gunakan hasil tumbukan daun seledri untuk keramas. Caranya, keramaslah seperti biasa, lalu balurkan tumbukan daun seledri pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat agar meresap. Diamkan selama 1 jam menggunakan pembungkus seperti handuk atau shower cap. Untuk hasil yang maksimal gunakan selama 2 minggu sekali.

Menurunkan berat badan dan kadar kolestrol. Daun seledri juga berkhasiat sebagai obat herbal penurun berat badan dan kadar kolestrol dalam darah. Daun seledri termasuk tanaman herbal yang memiliki kandungan rendah kalori di mana ia hanya memiliki kandungan 16 kalori per 100 gram danmengandung serat non larut.

Menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh dan pencegah kanker. Kandungan antioksidan flavonoid yang ada pada daun seledri seperti Zea Xanthin, Lutein dan Beta Karoten bermanfaat sebagai pelindung tubuh dalam menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh serta mampu mencegah penyakit kanker.

Menjaga kesehatan kulit dan mata. Daun seledri juga mengandung vitamin A dan Beta Karoten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mata.

Mengoptimalkan metabolism dalam tubuh. Kandungan asam folat, rifoblavin, niasin serta vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme agar lebih optimal.

akar seledri

Mengandung minyak atsiri yang maksimal. Daun seledri diketahui memiliki kandungan minyak atsiri yang cukup penting, kandungan minyak tersebut dapat menenangkan kondisi gugup dan osteoarthritis. Bagian akar tanaman seledri juga memiliki sifat diuretic yang mampu membuang kelebihan air dalam tubuh melalui urine, galactogogue (sekresi bantuan ASI), stimulan serta bersifat tonik.

Mengatur keseimbangan asam basa dan kesehatan jantung. Kandungan kalium yang merupakan elektrolit dan mineral penting di dalam daun seledri mampu mengatur keseimbangan asam-basa dan menjaga kesehatan jantung. Sama seperti pada pisang dan buah mangga, Kalium juga berperan penting dalam membangun otot dan protein karena Kalium berfungsi sebagai pemecah karbohidrat.

Memelihara kesehatan gigi dan struktur rangka. Kalsium juga ada pada daun seledri, kandungan mineral kalsium ini memiliki manfaat yang sama seperti manfaat segelas susu yang dapat menjaga kekokohan gigi dan struktur rangka tulang. Kalsium juga dapat membantu mengirimkan informasi melalui sistem saraf dalam melebarkan dan menyempitkan pembuluh darah.

Membantu penyembuhan luka dan memar. Kandungan vitamin K dalam daun seledri mampu memulihkan luka memar ringan hingga pendarahan sekalipun.

Kaya antioksidan. Seledri adalah sayuran yang mengandung fitonutrien seperti asam fenolik, flavonoid, stilbenoids, dihidro, flavon, furanocoumarins dan pitosterol.

Mengandung banyak serat. Meskipun daun seledri memiliki kandungan utama yakni air, namun seledri memiliki kandungan banyak serat yang bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Mengandung Folat yang baik untuk ibu hamil dan menyusui. Folat adalah salah satu vitamin B yang berfungsi membantu tubuh memecah, memproduksi dan menggunakan protein. Jika tubuh kekurangan Folat maka Anda akan mengalami sariawan, rambut beruban, diare dan anemia.

Itulah beragam manfaat dan khasiat menakjubkan dari daun seledri yang banyak dipandang sebelah mata. Mulailah menanam sendiri seledri sebagai obat herbal yang tumbuh di pekarangan rumah dan mulai membiasakan hidup sehat secara alami.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE