Manfaat Masker Wajah Mentimun & Cara Membuatnya

masker mentimun

Mentimun adalah salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan wajah dan kecantikan yang cukup mudah didapatkan. Mentimun dipercaya cukup bagus untuk merawat kulit wajah karena mentimun mengandung silica, yakni mineral yang dapat membantu memperkuat jaringan ikat pada kulit. Selain itu, mentimun juga dipercaya bisa mengatasi noda dan bekas luka pada kulit. Dengan sifat alaminya, mentimun bertindak sebagai pelembab paling efektif untuk kulit wajah.

Sebagai Cleanser: Mentimun bisa digunakan sebagai pembersih alami untuk kulit. Blender mentimun hingga lembut lalu terapkan pada wajah. Ramuan ini bisa membersihkan kulit secara menyeluruh dan membebaskan pori-pori serta membuat kulit lembut dan lentur.

Sebagai Pelembab: Kandungan air yang tinggi di dalam mentimun memberikan sifat hydrating dan pelembab yang unik. Mentimun akan membantu memelihara kulit Anda dan sangat cocok untuk digunakan sebagai perawatan harian kulit. Selain itu, mentimun juga kaya asam amino dan garam mineral yang membantu dalam merevitalisasi kulit.

Sebagai Toner: Mentimun sangat bagus untuk mengencangkan kulit. Menjadikan kulit sehat dan segar, dan membuatnya tampak lebih muda.

Mentimun memiliki efek mendinginkan dan ketika diterapkan pada kulit wajah selama lebih dari lima menit, cairan mentimun mulai menyerap minyak yang tersimpan dalam pori-pori kulit. Jika Anda memiliki komedo, masker mentimun dapat membantu mengatasi dan menyingkirkan komedo. Silika yang dikandungnya memiliki kemampuan untuk menahan jaringan ikat kulit sehingga sangat berguna sebagai anti-kerut dan anti-penuaan.

Cara membuat masker wajah mentimun

Resep 1: Mentimun & Madu
– ½ cangkir gandum
– 2 sdm madu
– 1 mentimun, diiris
– 5 sdm yoghurt / susu

Cara membuat:

Pertama, blender irisan mentimun sampai menjadi pasta. Kemudian tambahkan madu dan yoghurt, blender sampai halus. Selanjutnya tambahkan gandum, aduk lagi. Tuang ke dalam mangkuk, biarkan beberapa menit. Cuci muka Anda dan terapkan masker ini pada wajah dengan lembut.

Resep 2: Mentimun & Jeruk Nipis
– 1 mentimun
– ½ sdt air jeruk nipis
– 1 putih telur

Cara membuat:

Kupas mentimun dan iris tipis. Masukan ke dalam blender untuk membuat pasta/bubur mentimun. Saring bubur ini untuk memisahkan residu dan cairan. Tuangkan cairan ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis. Aduk dan tambahkan putih telur, aduk lagi sampai tercampur merata. Terapkan masker ini pada wajah dengan lembut dan biarkan selama sekitar 15-25 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Resep 3: Mentimun & Putih Telur
– 1 mentimun
– 1 putih telur
– 3 daun mint
– ½ cangkir yogurt

Cara membuat:

Masukan mentimun dan daun mint ke dalam blender, haluskan sampai menjadi pasta, kemudian tambahkan putih telur dan yoghurt, aduk sampai tercampur merata. Oleskan masker ini secara merata, biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu cuci muka dan keringkan.

Dengan resep di atas Anda bisa dengan mudah mendapatkan kulit yang bersih dan terpelihara hanya dengan 20 menit perawatan secara rutin. Lakukan setiap hari dan kulit Anda pasti bersinar indah, sehat dan segar! Selamat mencoba!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE