Manfaat Menggambar dan Mewarnai Gambar bagi Anak

May 15th, 2017

gambar mewarnai, mewarnai gambar, mewarnai, gambar bayi, gambar bayi lucuMenggambar dan mewarnai pada dasarnya memiliki fungsi untuk membantu mengembangkan kecerdasan otak anak, khususnya melatih otak kanan yang dominan terhadap bidang seni. Tetapi ada perbedaan yang dihasilkan dari menggambar dan mewarnai. Pada menggambar, anak akan menghasilkan bentuk dari goresan-goresan tangan yang sesuai dengan imajinasi anak, sedangkan untuk mewarnai akan menghasilkan kreasi dari warna-warna yang diinginkan oleh imajinasi anak. Gambar menurut Katherin Klipper Merseth merupakan perwakilan kata-kata yang ingin kita sampaikan, bahkan menjadi sarana ampuh dalam penyampaian pesan melebihi kata-kata.

Bagi sebagian orang apalagi bagi anak-anak menggambar adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan dan mengasikkan. Mereka bisa melakukan hal yang sesuai dengan keinginan mereka. Oleh sebab itu, menggambar dapat menjadi sarana berekspresi dan mengembangkan imajinasi anak-anak yang terkadang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata dalam bahasa atau dapat juga dilakukan oleh anak dalam kemampuannya bertindak. Goresan-goresan dari gambar yang dihasilkan oleh anak dapat menggambarkan perasaan hati yang sedang dirasakannya seperti saat senang atau sedih pasti akan menghasilkan goresan gambar yang berbeda.

Mewarnai gambar merupakan aktifitas menorehkan warna diatas sebuah bentuk atau pola hingga menghasilkan suatu karya seni. Warna yang digunakan anak untuk mewarnai gambar yang dibuat dapat menunjukan perasaannya, tetapi dengan warna-warna yang dilihat oleh anak dapat juga memberbaiki perasaan mereka dan dapat digunakan sebagai terapi pikiran untuk melepaskan stress setelah melakukan aktifitas. Karena faktanya aktifitas seni seperti menggambar dan mewarnai gambar dapat mempengaruhi energi di dalam tubuh, menyesuaikan emosi, fisik, dan mental seseorang. Sehingga dengan melihat warna-warna yang cerah akan dapat membuat perasaan anak membaik dan anak yang dapat melewati masa kecilnya dengan perasaan senang, pikiran tenang, stabil, dan seimbang akan lebih baik dalam perkembangan mental dan pemikiran. Dengan perkembangan yang baik anak akan lebih mudah untuk mewujudkan cita-cita dan mendapatkan kesuksesan di masa depan. Karena pemikiran dimasa anak-anak akan sangat mempengaruhi bagaimana sifat dan tingkah laku mereka ketika mereka dewasa.

Konsentrasi anak terhadap objek yang dia gambar dan warnai dapat membuat anak terlatih untuk tetap fokus terhadap suatu hal yang sedang dikerjakan walaupun terdapat beberapa kejadian disekitarnya yang mempunyai potensi mengganggu aktifitas pekerjaan si anak. Ketika masa depan anak harus dapat fokus terhadap tujuan hidupnya sehingga walaupun ada hal yang mengganggu namun anak tetap dapat menghadapinya dan kembali fokus dengan tujuan hidup. Selain itu, melatih daya ingat anak terhadap objek juga dapat dilakukan melalui aktifitas menggambar dan mewarnai gambar bayi lucu, sehingga anak dapat mengingat hal yang telah dilihat dan merealisasikan sesuai dengan ingatannya menjadi sebuah gambar. Walaupun hal-hal yang direalisasikan dalam karya seni belum tentu akan sesuai dengan kenyataan tetapi itulah yang ada di dalam pikiran anak. CMRWP

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
mendidik bayi

5 Kesalahan Orang Tua yang Membuat Bayi Susah Tidur

Membuat bayi tidur itu gampang-gampang susah dan bisa ...
pekerjaan ibu rumah tangga, tugas ibu rumah tangga

Ini Pekerjaan Tak Kasat Mata yang Kerap Membuat Ibu Kelelahan di Rumah

Peran wanita dalam rumah tangga sangatlah penting. Wanita ...
cara mengatasi pilek bayi

Cara Ampuh dan Efektif Mengatasi Pilek pada Bayi

Bunda tak perlu khawatir bila si kecil mengalami pilek yang ...
terlalu banyak konsumsi vitamin anak

Penting! Ketahui Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin untuk Anak

Vital amine atau vitamin yang merupakan sekelompok senyawa ...
tips bepergian bersama anak

Tips Memilih Kamar Hotel yang Ramah Anak saat Bepergian

Traveling bersama si buah hati yang masih bayi memang cukup ...
anak ngompol saat tidur

Tips Jitu Mengatasi Kebiasaan Anak Ngompol saat Tidur

Hal yang kerap menjadi masalah orang tua adalah anak ...
tes alergi anak

Tes Untuk Mengetahui Alergi pada Anak

Bunda harus curiga bila si kecil mengalami gatal-gatal, ...