Manisnya Es Krim yang Disukai dan Manfaatnya

es krimEs krim begitu disukai oleh siapapun, dari anak kecil hingga orang dewasa sekalipun. Rasa es krim dari dahulu memang itu-itu saja, namun es krim punya satu kelebihan yang tidak dipunyai makanan lain, yakni meski di-mix and match dengan rasa lain, es krim tetap lezat dan menggoda untuk disantap.

Biasanya es krim mempunyai 2 rasa dasar, yakni cokelat dan vanilla. Es krim kemudian mempunyai varian rasa buah-buahan seperti strawberry, pisang, durian dan sebagainya. Kini es krim pun ada yang mempunyai rasa green tea, kopi atau minuman lainnya, sekali lagi semuanya masih tetap enak untuk disantap.

Es krim juga akan tetap lezat jika dipadu dengan makanan lain, seperti pancake atau minuman bersoda. Hmmm, unik ya?

Sebagai orang tua, kadang Anda melarang anak Anda untuk mengkonsumsi es krim, banyak alasannya, karena dianggap memicu pilek, batuk dan penyakit. Es krim yang mudah meleleh dianggap sebagai salah satu makanan yang membuat anak jorok, padahal secara kesehatan es krim justru banyak manfaatnya lho. Apa saja sih manfaat es krim bagi kesehatan?

Kandungan Gizi

Es krim ternyata mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin A, vitamin B1 dan vitamin B12. Mineral serta kalsium yang tergantung didalamnya juga dianjurkan untuk dikonsumsi perkembangan anak usia balita khususnya dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Es krim juga bisa menjaga ritme kerja saraf dan otot.

Membuat Mood Lebih Baik

Es krim layaknya sebuah cokelat. Mood orang yang mengkonsumsi es krim kadang merasa lebih baik setelah mengkonsumsinya, bukankah begitu? Tentu Anda sudah pernah merasakannya.

Es Krim Bukan Penyebab Batuk dan Pilek

Menurut riset yang dilakukan oleh G.J Connet dan B.W Lee, es krim tidak akan menyebabkan pilek dan batuk. Selama kondisi badan si balita itu sehat, es krim tidak akan menyebabkan penyakit tersebut. Karena penyakit-penyakit infeksi saluran pernafasan tersebut baru akan muncul apabila si balita berada pada saat kondisinya tidak sehat.

Tidak Merusak Gigi

Banyak yang bilang mengkonsumsi es krim bisa merusak gigi karena rasa manis yang terkandung di dalamnya. Ini salah kaprah, pasalnya kandungan kalsium es krim didalamnya justru berguna untuk melindungi gigi dan membangun gusi yang kuat.

Tidak Menyebabkan Kegemukan

Es krim juga disebut-sebut sebagai biang kerok masalah kegemukan, ini juga hal yang menjadi salah kaprah. Saat ini es krim umumnya dibuat dari susu krim yang rendah lemak. Susu krim ini justru bermanfaat bagi kesehatan, jadi Anda tidak perlu khawatir anak Anda menjadi gemuk akibat mengkonsumsi es krim. Yang perlu diingat adalah, selama berat badan balita tergolong normal, maka mereka aman dalam mengkonsumsi es krim. Namun batasi konsumsi es krim jika si balita sudah mengalami obesitas.

Menjaga Kesehatan Jantung

Es krim mengandung flavonoid. Kandungan ini bisa menjaga kesehatan jantung karena menghambat oksidasi LDL. Kandungan ini juga terdapat pada cokelat yang mengandung antioksidan yang menghambat penuaan dini.

Meningkatnya Sistem Kekebalan Tubuh

Es krim bisa meningkatkan kekebalan tubuh ketika kandungan es krim yang memproduksi sitokin. Sitokin adalah protein yang diproduksi sebagai bagian dari sistem imun tubuh.

Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Menurut jurnal International Journal of Cancer pada riset dari Institue of Community Medicine, Universitas Tromso di Norwegia, mengkonsumsi es krim yang mengandung kandungan susu yang tinggi bisa mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

Namun, semuanya tersebut tentu harus dibatasi dalam hal mengkonsumsi es krim. Apapun yang berlebihan sebenarnya tidak baik, bukan begitu?

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE