Mari Manfaatkan Teknologi untuk Pendidikan Anak

 

tabs

Perkembangan teknologi yang semakin cepat mau tidak mau memaksa kita untuk selalu mengikuti perkembangannya, tidak mengenal umur, baik tua maupun muda, termasuk juga untuk anak-anak kita.

 

Sayangnya, ada orang tua yang terlalu memproteksi anaknya dengan teknologi yang ada saat ini, mereka belum mengerti sepenuhnya dan paham akan teknologi dan memanfaatkan perkembangan teknologi secara cerdas.

 

Teknologi tidak melulu soal gadget, benda elektronik atau menyoal dunia maya. Namun dari 3 sisi itulah yang memang akrab berada di sekitar kita dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah gadget, penggunaan gadget sudah umum digunakan, termasuk oleh anak-anak. Gadget seperti smartphone bukan barang yang mewah lagi, tapi bisa dibilang gadget adalah sebuah kebutuhan primer. Ini tidak harus dihindari untuk perkembangan anak, namun sebagai orang tua cerdas kita kudu mengenalkan teknologi untuk hal-hal yang berguna bagi mereka, misalnya untuk pendidikan.

 

Berikut ini adalah cara cerdas bagaimana mengenalkan teknologi kepada anak untuk kepentingan di dunia pendidikannya.

 

Alokasikan Waktu untuk bermain gadget untuk pendidikan bersama anak
Seperti layaknya kegiatan belajar atau bermain di luar rumah, Anda juga harus meluangkan waktu bermain gadget bersama anak. Arahkan dengan hal-hal yang bisa memberikan sesuatu yang baru bagi mereka. Mode pembelajaran seperti ini akan diminati oleh anak-anak, mereka juga bisa berinteraksi dengan gadget mereka secara langsung.

 

Teknologi Pendidikan sebagai variasi Pendidikan Anak
Anak pasti bosan dengan metode pembelajaran di sekolah atau di tempat les yang sangat konvensional. Kini di teknologi mobile sudah berkembang berbagai aplikasi pendidikan yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi ini sudah dikembangkan sesuai usia pengguna, ada balita atau anak seusia SD. Misalkan pada usia balita, terdapat aplikasi yang berguna untuk mengenal benda, bentuk, warna, suara atau lingkungan sekitarnya. Sementara di usia SD sangat mudah kita temukan berbagai aplikasi pengganti buku pelajaran yang tentunya lebih menyenangkan.

 

Pilih Aplikasi yang Merangsang Perkembangan Kognitif
Dari banyaknya aplikasi atau game yang ada di Store resmi, pastilah ada aplikasi yang merangsang kognitif anak. Misalkan aplikasi yang menyuguhkan lagu serta gerakan lucu yang membuat anak semakij tertarik, atau aplikasi buku cerita yang bisa Anda bacakan atau mainkan saat sebelum anak tidur. Ini bisa mengasah kreativitas anak lho.

Berikan Prosi yang Tepat
Walaupun dari segi content dalam gadget kita bisa menemukan hal-hal yang kita inginkan dengan mudah lewat sebuah aplikasi, namun jangan biarkan anak untuk terlalu lama bermain gadget. Mereka tetap perlu melakukan kegiatan di luar ruangan untuk bersosialisasi dan mengembangkan kemampuan motorik mereka. Terus-terusan bermain gadget menyebabkan rasa malas dan bisa menyebabkan kegemukan, lakukan segala sesuatu dengan seimbang.

Pahami Dasar-Dasar Teknologi untuk Pendidikan Anak
Pastikan Anda sendiri tau dasar-dasar teknologi yang akan Anda ajarkan kepada anak, jangan sampai salah langkah. Jadilah pengajar dan pembimbing yang baik untuk anak. Jika sudah. tugas utama Anda kemudian adalah memantau mereka dalam bergadget.

Meningkatkan Kemampuan Respon dan Motorik
Tentu Anda pernah menemui sebuah game yang mode permainannya menyentuh, menekan, menggeser layar atau menggoyang-goyangkan gadget. Ini akan melatih respon mereka dan motorik mereka. Uniknya gerakan motorik di sini juga dapat mempertajam koordinasi gerak mata dan tangan.

Perilaku-perilaku di atas memang harus diperhatikan terutama untuk Anda yang ingin jadi orang tua yang cerdas. Sebagai orang tua tentu kita tidak boleh melarang anak bergadget, tapi lebih bersikap bijak dalam bergadget melalui pembatasan dan pengawasan. Selamat bergadget sehat, Bunda!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE