Mata Air Kasumber & Cimincul – Wisata Alam Tersembunyi di Kabupaten Subang

Satu lagi wisata alam yang bisa menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Subang, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat ini ternyata memiliki banyak tempat wisata menarik yang masih asri, salah satunya adalah wisata mata air Kasumber, Subang. Seperti namanya, wisata ini berupa mata air jernih dan bening yang bisa Anda selami dan tentunya wisata ini kini bisa menjadi destinasi yang bisa dipertimbangkan untuk Anda kunjungi bersama keluarga dan sahabat.

Subang kini tak ubahnya seperti Klaten yang memiliki banyak umbul. Puluhan mata air yang ada di Kabupaten Subang ini biasa digunakan warga setempat untuk mandi. Dari sekian banyak mata air, hanya sebagian yang sudah dimanfaatkan, selebihnya belum dikelola sebagai obyek wisata padahal airnya sangat jernih dan bening dan tentunya bisa langsung diminum.

Mata Air Kasumber

mata air kasumber 1, tiket pesawat promo, tiket promo, promo tiket pesawat, tiket pesawat online, tiket pesawat murah, tiket murah, cari tiket pesawat, booking tiket pesawat, tiket pesawat

Kolam mata air Kasumber ini bisa kita selami layaknya kolam, karena mata air utamanya yang berada di dasar kolam sudah dipasang tubing (pipa besi) menuju ke pemukiman warga, sedangkan air yang berada di kolam pemandian arusnya menuju ke sungai. Sehingga kita aman untuk berenang dan melakukan aktivitas lainnya di kolam pemandian mata air Kasumber ini.

mata air kasumber 2, curug seribu, curug ngumpet, tempat wisata di subang, hotel ciater, pemandian air panas ciater, ciater subang, sari ater subang, villa di ciater, ciater bandung, kota subang, ciater, sari ater, subang

Penduduk yang berada di desa Pesanggrahan, Subang ini mayoritasnya adalah petani dan peternak, sedangkan sisanya ada yang berprofesi sebagai pedagang, karyawan swasta hingga pengrajin industri. Desa ini letaknya tidaklah jauh dari ibukota Kabupaten Subang, dan bisa ditempuh dalam jarak sekitar 30km (2 jam perjalanan) jika ditempuh dari kota Bandung.

mata air kasumber 3

Selain memiliki potensi wisata alam, desa Pesanggrahan ini juga memiliki potensi wisata budaya dan kuliner karena mereka memiliki keahlian dalam membuat gula aren, sagu, kelontong opak, dan renggining sebagai kuliner khas daerah. Jika pemerintah setempat memperhatikan potensi yang ada di wilayah ini, tentunya Subang akan menjadi ikon wisata alam dan budaya lain yang bisa mendatangkan pendapatan per kapita penduduknya.

Mata Air Cimincul

mata air cimincul 1

Wisata Mata Air Cimincul juga letaknya sama dengan mata air Kasumber yakni berada di desa Pesanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang. Mata air ini dinamakan Cimincul konon berasal dari dua kata yakni Cai Mincul yang berarti air yang timbul.

mata air cimincul 2

Wisata mata air Cimincul saat ini sudah mulai diketahui banyak wisatawan khususnya warga sekitar Subang, padahal dahulu mata air ini jarang sekali dikunjungi. Banyak warung-warung kecil yang sudah bermunculan di sekitar lokasi wisata ini, sayangnya tempat ini belum dikelola secara professional khususnya oleh pemerintah setempat.

Bagaimana, apakah Anda sudah memutuskan untuk berwisata ke mata air Kasumber dan Cimincul akhir pekan ini? Jangan lupa persiapkan bekal khususnya kamera untuk mengabadikan momen terbaik Anda seperti yang dilakukan oleh blog reservasi di atas.