Meinar Louis – Pianis Berbakat Yang Mendedikasikan Hidupnya Di Dunia Pendidikan Anak

meinar louisMeinar Louis adalah seorang pianis sekaligus musisi senior yang sering mengisi program acara lagu anak Ayo Menyanyi dan Lagu Pilihanku di TVRI pada tahun 70-80an. Belum lama ini beliau dikabarkan telah meninggal dunia akibat penyakit yang sudah lama di deritanya.

Meinar Louis lahir tanggal 14 Mei 1930 di Sijunjung, Sumatera Barat yang menikah dengan Mufti Nurdin dan dikarunia putera bernama Indra Utama dan Indra Budi. Sayangnya, kedua anak ibu Meinar telah lebih dulu berpulang dengan meninggalkan cucu bernama Ivan Syahnur dan Ihsan Saputra.

Di beberapa media online ibu Meinar diberitakan sebagai pencipta lagu anak “Bintang Kecil”, namun pihak keluarga yakni Cucu Nurbayati sebagai cucunya dan Cheppy Soemirat sebagai rekan kerjanya menyatakan kepada kompas.com bahwa beliau bukanlah pencipta lagu anak “Bintang Kecil” melainkan hanya seorang pianis. Senada dengan sang cucu dan Cheppy, pihak PT. Yamaha Musik Indonesia juga menyanggah bahwa Meinar tidak pernah menciptakan lagu untuk dirilis apalagi dikomersialkan.

Sebelum tutup usia, ibu Meinar sempat dirawat di RSCM dengan keluhan batuk dan kondisi fisik yang sudah lemah. Selain karena faktor usia yang sudah lanjut, beliau memiliki riwayat penyakit jantung dan menderita maag kronis. Sang cucu bercerita bahwa setiap kali beliau akan mengajar piano untuk murid-muridnya, beliau tidak pernah mau sarapan dengan alasan takut ke ‘belakang’ terus.

Sebagai rekan kerja, Cheppy juga menyatakan bahwa beliau sudah mulai bekerja sama dengan ibu Meinar sejak tahun 1978, dan ibu Meinar lebih fokus dalam memainkan piano untuk lagu-lagu anak bertemakan pendidikan bersama AT. Mahmud (seorang pencipta lagu anak). Pencipta lagu anak “Bintang Kecil” yang sebenarnya adalah Daljono atau Pak Dal, ayah dari seorang pemusik bernama A Riyanto yang terkenal di era tahun 1960-an hingga 1970-an. Pak Dal bernama lengkap RGJ Daldjono Hadisudibyo, lahir pada tanggal 21 Januari 1932 di Solo, Jawa Tengah. Ia merupakan seorang pencipta lagu sebelum era AT. Mahmud dan pernah menjadi dosen teori musik di Akademi Musik Yogyakarta.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE