Membangkitkan Semangat Anak di Tahun Pelajaran Baru

anak sekolahTahun 2014 ini adalah salah satu tahun yang unik, bagaimana tidak, masa orientasi tahun pelajaran 2014-2015 ini saat bulan Ramadhan, sedangkan kegiatan belajar mengajar mulai efektif dilaksanakan setelah libur lebaran seperti saat ini.

Tentu setelah masa bulan Ramadhan, kemudian disambung dengan libur lebaran yang sudah lama, rasa malas kadang masih terasa saat kita memulai aktivitas rutinitas seperti biasa, baik itu kerja, kuliah atau bahkan sekolah. Bagi Anda tentu akan mudah beradaptasi dengan rutinitas lagi, tapi tentu tidak bagi anak Anda, tentu perlu sedikit motivasi lebih yang harus Anda dorong untuk anak-anak Anda dalam memulai aktivitasnya.

Anak-anak biasanya mempunyai sifat yang moody, kita tidak akan pernah tau kapan dia bisa bersemangat kembali. Ketika saat mereka lagi malas. perlu waktu yang sedikit lama untuk membangkitkannya. Nah, sebagai orang tua, Anda harus jeli kenapa anak Anda menjadi malas dan apa saja yang bisa membuat anak bersemangat kembali. Ketika anak terbiasa dengan rutinitas libur panjang, seperti terbiasa bangun siang karena tidak sekolah, kemudian di saat masa sekolah dia harus dibangunkan pagi kembali, wajar jika mereka malas. Untuk itu perlu trik-trik khusus bagaimana membangkitkan semangat mereka. Pada artikel ini, kami akan membahas seputar hal tersebut, ikuti tips triknya berikut ini:

Beri Challenge

Challenge di sini maksudnya adalah Anda memberi tantangan kepada anak Anda untuk mencapai prestasi tertentu. Tantangan tentu harus ada peningkatan dari tahun pelajaran sebelumnya tentunya, jika pada tahun lalu anak Anda masuk dalam rangking 10 besar di kelasnya, tahun ini harus 5 besar. Jangan segan memberikan hadiah yang menarik bagi Anda, bisa saja liburan, tablet, sekedar menambah yang jajan atau barang yang menjadi koleksinya.

Serba Baru

Tahun pelajaran baru memang identik dengan seragam dan perlengkapan yang baru, seragam baru, sepatu baru, alat tulis baru ataupun tas baru. Ini bisa menjadi kebanggaan yang bisa anak Anda banggakan kepada teman-temannya. Tentu Anda tidak bisa melarang ketika anak Anda sedikit membanggakan barang barunya, ambil segi positifnya yang mungkin hal ini bisa menjadi semangat anak Anda bersekolah.

Berangkat Bersama

Berangkat ke sekolah secara bersama-sama dengan teman sekelasnya bisa jadi menjadi motivasi dan semangat untuk anak Anda. Sarankan hal ini kepada anak Anda, karena bisa jadi akan menambah keakraban anak Anda di lingkungan sosialnya.

Guru Les Sesuai Pilihan Anak

Untuk tahun pelajaran baru, cobalah memulai dengan guru les atau lembaga bimbingan belaajr sesuai pilihan anak Anda. Ini untuk mengantisipasi jika dalam proses belajar mengajar ke depa anak Anda kurang bisa mengikuti, masih bisa disupport atau dikejar melalui lembaga bimbingan belajar.

Selalu Tanyakan Hal-Hal yang Menyenangkan

Selalu tanyakan kepada anak Anda tentang hal-hal yang menyenangkan terjadi saat sekolah, jadi sepulang sekolah tanyakan pada anak Anda, “Apa yang menyenangkan di sekolah hari ini?” Dengan ini memori anak Anda tentu ada pada hal-hal yang menyenangkan, anak Anda akan berusaha mengingat kejadian menyenangkan pada hari itu. Beri support kepada dia untuk terus melakukan hal yang lebih baik lagi dan menumbuhkan semangat belajar kepadanya.

Bermain sambil Belajar

Belajar di sekolah pasti terasa menjemukan, jadi ketika Anda sedang mengajari anak Anda di rumah, lakukan dengan lebih santai dan menyenangkan, misal dengan game, buku cerita, atau aplikasi yang saat ini sudah banyak beredar di store-store resmi. Dengan cara ini, anak Anda akan lebih mudah mengingatnya.

Nah, itulah tips-tips bagaimana membangkitkan semangat anak pada tahun pelajaran yang baru ini, Semoga bermanfaat ya.