Membuat Gantungan Baju Cantik & Ramah Lingkungan Dari Kardus Bekas

PicsArt_1438389080338Hanger atau gantungan identik dengan gantungan yang digunakan untuk baju. Jenis gantungan baju sangat beragam, namun kebanyakan terbuat dari plastik, dan jika Anda memiliki kardus bekas barang elektronik, mainan maupun minuman dan makanan instan, Anda bisa memanfaatkannya menjadi sebuah karya yang unik. Ya, Anda bisa menyulapnya menjadi gantungan baju yang beda dari yang lain, bahkan Anda bisa menyesuaikan motif sesuai dengan selera.

Selain mudah dalam pembuatannya, memanfaatkan kardus bekas menjadi hanger yang cantik hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana yang tidak sulit dicari. Mudah, murah, dan tentunya ramah lingkungan. Penasaran seperti apa caranya? Berikut tutorial singkatnya!

Bahan yang dibutuhkan dan disiapkan:

Kardus bekas (lebih diutamakan yang berukuran besar dan tebal)
Kertas kado / kertas daur ulang / karton warna / dsb
Gunting dan/atau cutter
Lem / double tape
Pensil / pena
Gantungan baju (sebagai contoh pola)

Cara membuat:

Pertama, bentuk pola gantungan baju dengan meletakkan contoh hanger yang akan dipakai di atas kardus bekas dengan pensil. Jika bahan kardus yang digunakan tidak tebal dan khawatir akan mengalami patah pada bagian kepalanya, Anda bisa membuat dua pola gantungan baju dengan desain yang dijiplak di atas kardus pada posisi yang berseberangan agar ketika nanti disatukan bisa dalam posisi yang sama.

Kedua, gunting kardus bekas yang sudah dijiplak bentuk gantungan baju dengan gunting, atau jika Anda menginginkan bekas guntingannya terlihat rapi, Anda bisa memotong pola hanger dengan bantuan cutter. Jangan lupa untuk memberikan lem atau double tape sebelum disatukan antara pola satu dengan pola yang lainnya agar terlihat rapi.

PicsArt_1438388928333

Ketiga, potong kertas kado sesuai dengan bentuk pola hanger yang tadi dibuat, dengan jumlah sebanyak 2 buah untuk setiap pola (jika tidak akan menggunakan pola gantungan ganda), dan 2 buah untuk 2 pola gantungan (jika dibuat ganda).

Keempat, oleskan lem pada tiap sisi kertas kado untuk ditempel di kardus yang sudah dipotong dan dibentuk. Sebenarnya Anda bisa menggunakan double tape agar nanti saat ditempel pada pola kardus bisa menempel dengan baik dan rapi. Perbedaan dengan yang memakai lem, hasilnya tidak serapi jika menggunakan double tape.

Kelima, tempelkan kertas kado pada setiap bagian (depan dan belakang) gantungan baju dari kardus dengan rapi.

PicsArt_1438389198680

Selesai. Anda bisa memanfaatkannya untuk digunakan sebagai gantungan baju di lemari, sebagai display di toko untuk menghemat biaya, hiasan/pajangan, dan sebagainya. Semangat berkreasi!

PicsArt_1438389266772

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE