Memilah Usia Terbaik Bagi Anak untuk Mulai Bersekolah

Jika ditanya soal pendidikan atau sekolah, banyak ibu atau orang tua yang memiliki pemikiran masing-masing kapan waktu yang tepat menyekolahkan anak-anak. fasilitas bermain dan belajar di sekolah menjadi salah satu factor yang dipertimbangkan banyak orang tua.

Selain itu, sekolah di usia dini dipercaya dapat membantu orang tua untuk memberikan stimulan pada buah hatinya. Salah satunya mendidik agar anak menjadi mandiri dan berteman dengan teman selain di lingkungan rumahnya.

usia anak sekolah

Usia 0-5 tahun ialah masa keemasan anak dimana anak akan sangat aktif dan belajar menganal banyak hal. Sehingga akan lebih bijaksana jika membiarkan si kecil belajar langsung dari sekolah.

Perlukah pendidikan PAUD untuk anak?

PAUD atau pendidikan anak usia dini merupakan bukan sekolah formal yang mana kurikulum di sekolah ini lebih banyak mengasah kreatifitas anak serta mengajak anak bermain sambil belajar. Sekolah ini tidak wajib bagi anak. namun jika orang tua merasa PAUD juga penting maka sah-sah saja untuk menyekolahkannya.

Akan tetapi, banyak orang tua yang berfikir bahwa PAUD merupakan tren belaka serta digunakan agar orang tua dapat “menitipkan” anak mereka di tempat yang aman dan anak mendapat banyak pengetahuan serta merasa senang.

Dampak negatif menyekolahkan anak di usia dini

Jika anak merasa terpaksa masuk sekolah hal lain akan terjadi misalnya anak akan stress dengan keseharian yang dia belum siap untuk menjalankannya dan bukan tidak mungkin ia akan merasa stress dan bosan. Akibatnya ia akan ngambek ketika masuk sekolah TK dan merasa belajar sangat membosankan dan menyatakan mogok belajar bahkan lebih parahnya lagi anak akan mogok sekolah.

Dampak positif menyekolahkan anak usia dini

Sekolah merupakan lembaga unggulan yang memiliki fasilitas lebih untuk menstimulasi tumbuh kembang anak. akan tetapi, jika orang tua merasa mendidikan usia dini sangat penting maka dapat mempertimbangkan beberapa fator ini seperti kurikulum sekolah, program sekolah yang jelas, berbagai kegiatan yang ada di sekolah dan masih banyak lainnya. Hal ini diharapakan agar anak dapat menemukan bakat dan minat mereka serta merasa senang dalam belajar.