Menakjubkan, Bunga ini Berubah Transparan Saat Terkena Air Hujan

rps20141215_190447Anda semua pasti mengetahui daun putri malu yang akan menguncup bila tersentuh. Tapi tahukah Anda bahwa ada sebuah bunga yang kelopaknya berwarna putih akan berubah menjadi transparan indah saat terkena air?

Diphylleia Grayi, bunga yang menakjubkan ini mungkin masih terdengar asing di telinga, atau bahkan Anda belum pernah mendengar nama bunga ini sebelumnya karena ternyata bunga ini hanya bisa ditemukan di daerah pegunungan di negara Cina dan Jepang.

Bunga Diphylleia Grayi sepintas terlihat seperti bunga biasa, ukurannya kecil dengan kelopak berwarna putih serta dalam satu tangkai bisa berisi puluhan. Selain itu, di tengah bunga terdapai serbuk sari berwarna kuning. Bunga Diphylleia Grayi terlihat indah saat bermekaran dan di cuaca yang terik seperti bunga-bunga pada umumnya. Lalu, apa yang membuatnya menjadi istimewa?

Jika pada umumnya bunga lain menjadi sedikit layu saat terkena air hujan, maka bunga Diphylleia Grayi justru menampakkan pemandangan lain. Yup, bunga ini berubah menjadi transparan saat terkena air hujan hingga orang-orang di sana menyebutnya sebagai transparent rain flower atau bunga yang berubah transparan saat terkena air hujan. Saat kelopak bunga tersebut terkena air, ia perlahan-lahan mulai kehilangan pigmentasi putih dan beransur-ansur transparan dari waktu ke waktu. Setelah kering, kelopak bunga ini akan kembali berwarna putih.

Selama bunga bermandikan air hujan, kelopak-kelopaknya yang awalnya putih berubah menjadi transparan dan bungapun menjadi menyerupai bunga kaca. Bahkan bunga ini dijuluki sebagai “bunga kerangka” karena saat transparan, yang tampak hanya urat-urat halus seperti kerangka.

Diphylleia grayi dapat dikenali dari daunnya yang besar seperti payung yang diatasnya terdapat kelompok kecil bunga putih mutiara yang mengalami transformasi ajaib dalam hujan. Tanaman ini dapat tumbuh hingga tinggi 0,4 meter. Bunga-bunga mulai mekar mulai dari pertengahan musim semi hingga awal musim panas dalam kondisi teduh.

Nah, jika Anda ingin menumbuhkan bunga Diphylleia Grayi, pastikan Anda menempatkannya di area yang dingin. Sebab, bunga jenis Diphylleia Grayi ini hanya bisa tumbuh di daerah yang lembab, seperti di pegunungan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE