Mengajak Anak ke Bioskop, Kenapa Tidak?

 

bioskop

Pernahkah ketika di bioskop Anda mendapati para orang tua yang membawa anak mereka? Nah, apa yang ada di benak Anda? Apakah ada kekhawatiran dengan hadirnya anak kecil berusia balita akan mengganggu jalannya pertunjukan film? Atau jangan-jangan Anda sendiri pernah membawa anak Anda ke bioskop?

 

Biasanya para orang tua mengajak anak ke bioskop pada saat weekend. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin untuk mengisi liburan dan mempererat hubungan keluarga. Hal ini dikarenakan menonton bioskop dianggap sebagai sarana hiburan yang murah dan juga diharapkan anak bisa mengambil pelajaran hidup dari film yang ditayangkan.

 

Pertanyaan yang penting di sini adalah, pada usia berapa kita bisa membawa anak ke bioskop? Pasti ada rasa kekhawatiran, terutama bagi Anda yang

baru pertama kali membawa anak ke bioskop, tentang sifat anak yang rewel, mudah bosan dengan suasana, ingin buang air, yang bisa saja menganggu penonton bioskop yang lain.

Untuk usia anak sendiri yang pantas diajak ke bioskop adalah ketika usianya 2,5 – 3 tahun. Karena pada usia ini anak sudah bisa memahamai jalan cerita yang sederhana. Namun sebagai orang tua tetap saja ada rasa was-was, untuk itu pada artikel ini kami akan membahas tips mengajak anak ke bioskop. Simak yang berikut ini:

Pilih Film yang Sesuai
Ini merupakan hal yang penting bagi Anda. Sebelum memutuskan ke bioskop carilah film yang pantas ditonton oleh semua umur. Hindari film remaja, dewasa atau bergenre horror dan action. Kini sudah banyak kok film-film edukasi yang tayang saat liburan tiba. Anda masih ingat dengan film Laskar Pelangi? Atau Petualangan Sherina? Sekarang film seperti itu sudah bisa kita saksikan dengan mudah di bioskop.

Perhatikan Durasi Film
Durasi film ini juga diperhatikan, tentu ini menghindari anak agar tidak cepat bosan. Bagi anak, film berdurasi 2 jam sudah cukup panjang bagi anak, lho! Penting bagi Anda setidaknya sekedar melihat resensi film dan durasinya.

Masuklah ke Saat Film Baru Dimulai
Masuk ketika menjelang film baru dimulai juga bisa mengurangi kejenuhan anak di bioskop. Iklan-iklan yang diputar sebelum film juga rasanya kurang penting untuk disaksikan oleh anak

Pilih Kursi yang Strategis
Pilihlah kursi yang strategis, maksudnya setidaknya Anda harus mudah keluar masuk ketika nanti anak ingin ke kamar mandi. Dengan ini Anda tidak akan mengganguu penonton lainnya.

Bawa Makanan Secukupnya
Membawa bekal makanan saat menonton bioskop juga penting, tapi tak perlu banyak layaknya piknik. Cukup membawa minuman dan satu makanan kesukaan anak Anda.

Jelaskan Aturan Menonton Bioskop Kepada Anak
Sebelum menonton bioskop sebaiknya Anda menjelaskan kepada anak Anda tentang aturan menonton bioskop, seperti harus duduk tenang saat menonton, jangan berisik, tidak boleh berdiri. Ini agar anak Anda terbiasa dan tidak mengganggu penonton lainnya.

Berilah Penjelasan Secukupnya
Pada saat di tengah film, mungkin anak bertanya mengenai jalan film, dia juga mungkin merasakan perasaan sedih. Jika mengalami begini anak Anda pasti bertanya kepada Anda, bukan? Nah, jawablah seperlunya saja.

Jika aturan-aturan tersebut sudah Anda terapkan sejak awal, maka nantinya anak Anda akan terbiasa lho! Jika sudah terbiasa, tentu nantinya aktivitas menonton bioskop ini akan menjadi aktivitas rutin dan sarana refreshing yang murah meriah namun tetap menghibur, selamat menyambut weekend!