Mengatasi Sakit Sariawan di Bulan Puasa dengan Mudah dan Sehat

Menjaga kesehatan sangatlah penting, apalagi di bulan puasa. Dengan tubuh yang sehat, bunda bersama keluarga bisa menjalankan ibadah puasa secara penuh dalam sebulan, tanpa terhalang masalah kesehatan. Nah, terkait gangguan kesehatan, ada satu yang kerap muncul dan menganggu aktivitas puasa, yakni sariawan.

Sariawan membuat mulut terasa tidak nyaman, apalagi ketika dipakai untuk mengunyah. Kadang, disertai dengan bibir pecah-pecah. Biasanya, sariawan berlangsung hingga beberapa hari. Namun, kalau lebih dari 10 hari, bunda perlu memeriksakannya ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

mengatasi sariawan

Ketika bunda atau salah satu anggota keluarga menderita sariawan, itu tandanya kekurangan vitamin C. Ada beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mengatasinya, dan cara berikut bisa tetap dilakukan meski di bulan puasa:

1. Berkumur dengan campuran air garam
Cara pertama yang bisa bunda lakukan adalah dengan menggunakan campuran air garam sebagai sarana berkumur. Metode ini bisa bunda lakukan ketika siang hari atau malam hari. Dengan catatan, ketika melakukannya siang hari, jangan sampai ada air yang tertelan dan akhirnya malah membatalkan puasa.

Air garam yang dipakai berkumur berguna untuk membunuh bakteri serta kuman yang ada di dalam mulut. Dengan mencoba berkumur campuran air garam selama 2 kali dalam sehari, dijamin, sariawan bakal hilang hanya dalam beberapa hari.

2. Makan tomat mentah
Solusi kedua yang bisa bunda gunakan untuk mengatasi problem sariawan dengan cepat di bulan Ramadhan adalah dengan makan tomat dalam kondisi mentah. Tomat terkenal sebagai bahan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Bunda bisa memilih untuk makan tomat mentah sebelum tidur atau setelah sahur.

3. Lidah buaya
Tidak menyangka, lidah buaya ternyata juga berguna untuk mengatasi sariawan. Caranya juga mudah. Bunda tinggal mengoleskan gel dari tanaman yang satu ini ke bagian mulut yang mengalami sariawan. Diamkan beberapa saat dan lakukan berulang kali hingga sariawan reda.

4. Rajin sikat gigi
Membiasakan hidup bersih dengan rajin sikat gigi bisa secara efektif mencegah sariawan. Pastikan untuk melakukan sikat gigit 2 sampai 3 kali dalam sehari. Sebagai tambahan, bunda juga perlu berkumur menggunakan obat kumur.

5. Minum air putih yang cukup
Terakhir, bunda perlu menjaga konsumsi air putih dalam kadar yang cukup. Dalam sehari, tubuh membutuhkan asupan air putih sebanyak 8 gelas. Ketika konsumsi air putih mencukupi, mulut tidak akan kering serta bisa memproduksi air liur dengan kadar yang normal.