Mengatasi Sariawan pada Anak

remote_image_482d3f6882Penyakit sariawan mungkin adalah salah satu penyakit yang menyebalkan memang, pengarunya tentu pada saat mengkonsumi makanan atau minuman masuk ke dalam mulut kita, kadang terasa amat perih.

Seperti saat mengkonsumsi makanan pedas, kacang-kacangan atau minuman dingin sekalipun, di tempat sariawan itu mendekam di balik bibir, jika tersebuth walaupun bentuknya kecil, akan sangat sakit dan perih rasanya.

Sebagai orang dewasa yang sudah pernah mengalami sariawan beberapa kali, Anda pastinya sudah bisa bersabar dan tau bagaimana mengatasinya, namun jika itu terjadi pada anak Anda mungkin akan menyita banyak waktu dan rentetan kejadian lain, anak Anda akan susah makan, moodnya turun dan sangat rewel, repot bukan?

Sariawan pada anak sendiri biasanya disebabkan oleh daya tahan si anak yang rendah, termasuk juga karena kebersihan mulut yang kurang terjaga. Sariawan pada anak juga disebabkan karena makanan atau minuman yang terlalu panas sehingga melukai mulutnya, atau bisa juga karena alergi dan infeksi karena makanan tertentu.

Jika sariawan tersebut terjadi pada anak Anda, tentu harus segera ditindak. Seperti yang dijelaskan di atas, sariawan sendiri cenderung mempengaruhi sikap anak Anda yang semakin rewel, uring-uringan dan mood yang cenderung turun. Kami akan memberikan beberapa tips yang berguna untuk Anda yang mungkin mengalami hal ini.

  • Anak-anak harus banyak mengkonsumsi vitamin, terutama vitamin C. Hindari juga makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin karena akan berakibat perih pada luka sariawan anak Anda.
  • Perbanyak juga makanan yang mengandung vitamin B3 seperti daging, kacang-kacangan, telur ayam, ikan, alpukat atau kurma
  • Perbanyak makanan yang kaya akan serat, termasuk untuk minumannya juga. Makanan yang mengandung serat adalah buah dan sayuran.
  • Batasi makanan dengan asupan gula yang tinggi dan makanan olahannya
  • Hindari juga makanan yang mengandung banyak garam karena akan mengiritasi sariawan dan akan membuatnya lebih parah.
  • Hati-hati lah saat memberikan obat sariawan untuk anak Anda, kami menganjurkan jangan diberikan obat yang justru membuat perih di mulut anak Anda, carilah alternatif obat-obatan lain.

Maka dari itu, sebelum sakit sariawan itu terjadi, penting bagi Anda untuk melakuan hal-hal yang bisa menghindarkan anak atau memperkecil kemungkinan anak mengalami sariawan.

  • Selalu jaga kebersihan mulut mereka, setiap mandi, suruh anak Anda untuk kumur-kumur atau gosok gigi. Cari pasta gigi yang disukai anak, misal dengan pasta gigi rasa buah-buahan
  • Berhati-hati saat menggosok gigi, sebaiknya Anda mengajari anak Anda menggosok gigi dengan benar daripada Anda yang menggosok gigi karena bisa jadi kemungkinan melukai mulut anak Anfa.
  • Biasakan untuk memberi anak Anda makanan yang lembut dan mudah ditelan

Nah, penting rasanya untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga pola makanan dengan makanan sendiri untuk mencegah penyakit, tak hanya sariawan, namun juga penyakit yang lainnya. Untuk iotu, berilah yang terbaik buat anak Anda, nomor satukan nilai higienis dan kebaikan untuk tumbuh kembang mereka.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE