Mengatasi Sembelit Pada Anak

anak susah buang air besar, kontipasi, obat alami sembelit, sembelit, sembelit pada anak, tips mengatasi sembelitSetiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda. Ada orang yang buang air besar setiap hari, namun ada juga yang tidak setiap hari, setiap dua hari sekali misalnya. Namun jika sulit atau jarang buang air besar, berarti Anda mengalami sembelit. Dalam bahasa kedokteran sembelit ini dikenal dengan istilah konstipasi.

Sembelit merujuk kepada kondisi buang air besar menjadi lebih jarang dari biasanya karena feses atau tinja yang kering atau keras sehingga sulit dikeluarkan dan menimbulkan rasa sebah, sakit perut, merasa ada sesuatu yang menyumbat, atau merasa sakit saat buang air besar.

Pada orang dewasa, disebut sembelit jika tidak buang air besar selama tiga hari berturut-turut atau kurang dari tiga kali dalam seminggu. Sementara pada anak, disebut sembelit apabila tidak buang air besar selama 5 hari atau lebih.
Sembelit pada bayi ditandai dengan bayi menangis saat buang air besar, menarik kaki ke arah perut, atau sampai-sampai melengkungkan punggung ketika mau buang air besar. Namun bila anak Anda masih minum ASI (Air Susu Ibu) maka tidak buang air secara teratur adalah normal.

Kondisi sembelit adalah akibat dari kurangnya asupan serat pada makanan. Oleh karenanya penting untuk menambahkan serat dalam makanan, dengan memberikan sayuran hijau, buah-buahan segar dll, dan juga meningkatkan asupan air untuk anak.
Makan cukup buah-buahan, sayuran, kecambah, biji-bijian dan cairan membantu dalam pencegahan serta pengobatan sembelit.

Segelas air ketika bangun di pagi hari sangat membantu. Banyak anak-anak mungkin mendapatkan dorongan yang normal untuk buang air setelah itu. Sementara yang lain mungkin bisa buang air setelah minum susu atau setelah sarapan. Anak harus rileks beberapa saat ketika duduk di toilet. Seorang anak dapat didorong untuk duduk selama sekitar 15 menit. Anda dapat melibatkan dirinya dengan sesuatu yang menarik seperti mainan atau buku atau teka-teki selama proses ini. Namun jika ia tetap tidak ingin buang air besar, ia tidak boleh dipaksa untuk melakukannya.

Untuk mengatasi sembelit, Anda dapat coba obat alami ini, ambil tomat matang (yang kecil) didihkan dengan 1/2 gelas air. Setelah masak, peras menjadi ekstrak jus kemudian saring biji dan kulitnya. Tambahkan sedikit garam dan berikan sekitar 3 – 4 sendok ekstrak ini setiap hari. Dengan ini pola feses akan menjadi normal.

Sumber:
– http://mediskus.com
– http://www.indiaparenting.com

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE