Mengenal Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut (PTKM)

pktmPenyakit Tangan, Kaki dan Mulut atau PTKM memang masih awam di telinga masyarakat, namun tak jarang dari mereka khsusunya anak-anak yang datang ke klinik kesehatan membawa riwayat penyakit TKM. Jenis penyakit ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh infeksi virus ringan menular dengan adanya ciri-ciri nyeri atau luka di bagian mulut atau ruam di bagian tangan dan kaki. Penyakit ini juga sering disebabkan oleh virus coxsackie. Dalam pengobatannya memang tidak ada terapi spesifik yang harus dijalani, namun Anda bisa mencegahnya dengan menjaga kebersihan seperti membiasakan mencuci tangan setelah beraktivitas. Untuk lebih mengenal seperti apa penyakit TKM, bisa dikenali melalui beberapa gejala yang biasanya muncul, seperti:

  • Demam
  • Sakit tenggorokan
  • Perasaan tidak enak badan (malaise)
  • Lesi seperti lepuh yang nyeri berwarna merah di bagian lidah, gusi dan dalam pipi
  • Ruam merah yang kadang disertai lepuh di bagian telapak tangan, kaki bahkan pantat tanpa rasa gatal
  • Jika PTKM terkena bayi/balita maka mereka akan jadi rewel
  • Kehilangan nafsu makan

Pada umumnya, periode antara awal terkena infeksi hingga gejala terjadi berkisar sekitar 3-7 hari. Seperti halnya penyakit lainnya, demam menjadi tanda awal gejala dari penyakit TKM yang diikuti dengan sakit tenggorokan dan hilangnya nafsu makan juga malaise. Setelah terkena demam sekitar 1-2 hari biasanya akan muncul luka yang menyakitkan bisa di tenggorokan ataupun di mulut. Setelah itu akan muncul ruam di tangan atau kaki yang muncul 1-2 hari setelahnya.

Penyebab seseorang terkena penyakit TKM seringnya berasal dari jenis virus coxsackie A16 yang tergolong dalam golongan virus nonpolio enterovirus. Sumber utama terinfeksinya virus ini adalah melalui oral (mulut) yang menyebar antar manusia melalui kontak langsung dengan bagian orang telah terinfeksi bagian sekresi hidung atau ekskresi tenggoroka, air liur, cairan dan lesi lepuh, tinja atau partikel cair dari sistem pernafasan yang disemprotkan ke udara setelah batuk / bersin.

Perlu diketahui bahwa ada penyakit sejenis yang mirip dengan penyakit TKM yakni penyakit kaki dan mulut (atau sering juga disebutpenyakit kuku dan mulut), penyakit kuku dan mulut disebabkan oleh infeksi virus dari hewan ternak, namun manusia tidak bisa terjangkit oleh penyakit tersebut. Begitupula jika Anda terkena penyakit TKM, Anda tidak dapat menularkannya kepada hewan peliharaan.

Penyakit TKM biasanya banyak menjangkiti anak-anak di bawah usia 10 tahun, namun banyak juga terjadi pada remaja dan orang dewasa. Komplikasi dari penyakit ini yang paling sering adalah dehidrasi karena menimbulkan luka di bagian mulut dan tenggorokan sehingga Anda akan merasa kesulitan saat menelan makanan dan minuman. Untuk anak-anak, pastikan Anda merawatnya dengan seksama dan memastikan mereka minum cairan yang cukup selama tekena penyakit TKM.

Penyakit tangan, kaki dan mulut memang merupakan penyakit yang ringan, namun terkadang penyakit ini muncul dalam bentuk yang langka dan serius yang melibatkan otak serta menimbulkan komplikasi-komplikasi seperti meningitis viral, ensefalitis yang bisa mengancam nyawa seseorang.

Jika Anda terkena penyakit tangan, kaki dan mulut hingga menimbulkan nyeri tenggorokan dan membuat Anda sulit minum cairan, khususnya pada anak-anak, sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter sebelum gejalanya memburuk.

Untuk mencegah Anda dan keluarga terkena penyakit TKM, lakukan beberapa langkah pencegahan di bawah ini:

Cuci tangan dengan benar. Gunakan sabun dengan air yang mengalir terutama setelah dari toilet, mengganti popok dan sebelum menyiapkan makanan dan minuman.

Ajarkan anak higenitas. Tunjukkan kepada mereka cara mempraktikkan higenitas yang baik serta cara menjaga kebersihan yang benar. Jelaskan kepada mereka agar tidak memasukkan jari, tangan atau barang-barang ke mulut mereka tanpa mencuci tangan lebih dulu.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE