Mengenali 6 Jenis Kanker yang Kerap Muncul dalam Tubuh Anak

Kanker menjadi penyakit berbahaya yang menjadi mimpi buruk bagi siapapun. Penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja. Tidak melihat status ataupun usia. Termasuk di antaranya adalah penderita kanker pada anak.

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara mengenali gejala kanker sejak dini pada anak. Namun, kanker apa saja sih yang biasa terjadi pada si kecil? Setidaknya, ada 6 jenis kanker yang perlu bunda waspadai, yakni:

jenis kanker pada anak

1. Leukimia

Leukimia meupakan nama lain dari kanker darah. Kanker darah menyerang sel darah merah dan sumsum tulang belakang. Gejalanya dapat dilihat mulai dari berwajah pucat, anak rewel, demam tanpa alasan, kejang, pendarahan kulit, nyeri tulang, anak tidak mau berdiri dan lebih suka digendong merupakan gejala yang dapat diperhatikan dan diwaspadai.

2. Retinoblasma

Retinoblasma merupakan tumor ganas primer yang sering dijumpai pada anak dibawah usia 5 tahun. Gejala yang ditimbulkan seperti mata merah, pembesaran bola mata,juling, dan penglihatan buram.

3. Osteosarkoma

Osteosarkoma ialah kanker tulang. Gejala yang ditimbulkan nyeri tulang di malam hari, patah tulang setelah beraktivitas, cepat lelah, dan gerakan tulang terbatas.

4. Neuroblastoma

Neuroblastoma merupakan kanker yang menyerang jaringan saraf. Gejala yang ditimbulkan antara lain, pendarahan di mata, nyeri tulang, mata kering, pembengkakan leher, lumpuh, diare.

5. Limfoma

Limfoma merupakan kanker yang menyerang kelenjar getah bening. Gejala yang wajib diwaspadai yakni sesak napas, demam, berkeringat di malam hari, pembengkakan di area leher, ketiak, pangkal paha dan tanpa rasa nyeri.

6. Karsinona Nasofaring

Karsinona Nasofaring menyerang hidung dan tenggorokan. Gejala awal yang dapat diwaspadai ialah ingus bercampur darah, pilek dan air ludah kental, hidung tersumbat, mimisan, telinga berdengung, tuli sebelah dan nyeri di area telinga.

Kanker jika tak dikenali sejak awal kemungkinan sudah menyebar ke organ tubuh yang lain. Sehingga Anda sebagai orang tua wajib mengenali ciri-ciri kanker pada anak sedini mungkin. Dan selalu ajarkan makan makanan sehat dan menjauh dari makanan instan, fast food, asap rokok atau pola hidup tak sehat lainnya. Pola hidup tak sehat memiliki kemungkinan anak-anak akan memiliki dampak kanker di usia dewasa.

Lebih baik Anda berpikiran negative tentang apapun pada diri anak-anak yang diluar kebiasaan dan sesuatu yang tidak wajar di tubuh anak. Sehingga Anda dapat meminimalisir penyebaran kanker dan dapat melakukan pengobatan. Kanker yang diobati pada stadium awal atau menyerang induk primernya dapat diobati dan kemungkinan besar dapat sembuh. Namun, jika kanker telah menyebar diluar induk primernya dapat dikatakan stadium lanjut dan kemungkinan kecil dapat disembuhkan.

Apabila Anda menumpai gejala kanker pada anak Anda segera periksa ke dokter ya, moms.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE