Mengenali 7 Tanda Kehamilan yang Wajib Diketahui Para Calon Ibu

December 4th, 2017

Tanda kehamilan kerap kali tak disadari oleh para calon ibu. Banyak pasangan suami istri yang sulit membedakan tanda kehamilan dengan tanda datangnya menstruasi sebab beberapa memiliki kemiripan.

tanda kehamilan

Ketidaktahuan ini justru akan meningkatkan resiko kehamilan. Sebaliknya, tak sedikit pula kasus dimana seorang ibu mengalami stres sebab tanda yang dimiliki nyatanya bukan tanda kehamilan dan hasil test negatif.

Tanda-Tanda Kehamilan Pasti

1. Morning sickness

Sekitar 50% perempuan yang mengalami kehamilan akan memiliki tanda mual dan muntah. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam darah.

2. Sering Buang Air Kecil

Setelah haid terlambat satu hingga dua minggu, keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Hal ini disebabkan janin tumbuh di rahim menekan kandung kemih.

3. Rasa Lelah Dan Mengantuk Berlebih

Rasa lelah dan mudah mengantuk diakibatkan kinerja beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru bertambah. Peningkatan kinerja organ vital tersebut juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

4. Sembelit

Sembelit terjadi karena hormon didalamnya mengendurkan otot rahim dan berdampak pada otot dinsing usus sehingga akan menyulitkan BAB. Namun, keuntungannya keadaan ini memungkinkan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

5. Mengidam

Mengidam merupakan sebuah kondisi dimana ibu hamil menginginkan suatu hal yang terkesan tidak umum dan sesuai moodnya.

6. Hasil Tes Kehamilan Positif

Hal sederhana yang paling konkret untuk mengetahui kehamilan ialah hasil tes kehamilan. Tes kehamilan akan sangat membantu Anda untuk menyiapkan kehamilan Anda. Ketika tes kehamilan menunjukkan negatif, namun Anda belum mendapatkan menstruasi maka mungkin Anda dalam keadaan tidak fit atau terlalu lelah, sehingga tidak terlihat ketika melakukan tes kehamilan.

Waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan adalah tujuh hari setelah melqkukan hubungan suami istri. Anda dapat menunggu beberapa hari lagi setelah tes pertama. Dan dianjurkan untuk menggunakan tes kehqmilan pada saat pagi hari.

7. USG

Ketika Anda merasakan adanya gerakan janin di dalam perut, Anda dapat melakukan pemeriksaan lanjut seperti USG. Pemeriksaan USG tidak hanya bertujuan untuk mengetahui jenis kelamin bayi saja namun juga untuk kesehatan kehamilan ibu dengan lebih baik.

Kehamilan yang sehat kelak akan menghasilkan buah hati yang berkualitas yang di damba para orang tua.

Komentar

BACA JUGA