Beberapa Lomba 17an yang Fenomenal Hingga Kini

balap“17 Agustus tahun 45, itulah hari kemerdekaan kita…” Sebuah lagu nasional yang sudah pasti kita hafal di luar kepala. Aktivitas kita mungkin tidak seperti semasa kecil dulu, di mana pagi hari berangkat ke sekolah untuk mengikuti upacara bendera dan dilanjutkan dengan serangkaian lomba-lomba sepanjang hari, kecuali profesi kita sebagai guru pengajar.

Bicara mengenai lomba 17an, tentu waktu kecil kita pasti pernah mengikutinya. Sebenarnya apa yang diperlombakan sangat sederhana, hadiahnya pun mungkin dulu cuma berupa buku tulis, mie instant, jajan atau uang. Namun yang membuat menarik adalah moment dan semangat kemerdekaan yang hanya kita temui satu tahun sekali.

Bicara mengenai perlombaan 17 Agustus, ada banyak perlombaan semasa kecil kita dulu yang menjadi kenangan bagi kita, bisa jadi perlombaan-perlombaan yang akan kita bahas di bawah ini tetap ada dan dilombakan serta diikuti oleh anak-anak Anda. Apa saja perlombaan tersebut? berikut referensinya versi buahatiku.com.

Balap Karung

Lomba balap karung menjadi salah satu lomba yang dikompetisikan saat 17an. Cara perlombaannya pun seperti layaknya lari biasa, hanya saja dipakaikan karung goni. Biasanya, sekitar 4 orang berjajar dalam garis start dan bersiap untuk berlari meraih sebuah karung yang diletakkan beberapa meter di depan mereka. Mereka pun berlari dan meraih karung tersebut, setelah mendapat karung, karung tersebut dipakai dan mereka berlari kembali ke garis start. Siapa yang sampai lebih dulu, dialah pemenangnya.

Lari Kelereng

Sama halnya dengan lomba balap karung, cara bermainnya masih sama, berlari dan siapa yang sampai pertama lebih dahulu, dialah pemenangnya. Namun bebannya adalah kita harus menggigit sendok di mulut kita dan sendoknya ada kelereng. Nah, barang siapa yang kelerengnya jatuh, maka didiskualifikasi atau harus mengulang dari awal kembali.

Memasukkan Paku dalam Botol

Lomba yang satu ini memang unik, karena menuntut konsentrasi kita. Pertama-tama adalah ada tali yang diikatkan layaknya ikat pinggang, tepat di belakangnya terdapat tali lagi yang ujungnya terdapat paku. Sementara tepat di bawah kita terdapat sebuah botol, kompetisinya adalah memasukkan paku tersebut ke dalam botol. Memang sepertinya agak mudah, namun jika kita melakukannya sangat susah, karena memerlukan ketenangan lho!

Makan Kerupuk

Sebenarnya lomba ini sangat sederhana, balapan makan, makanan yang dimakan pun hanyalah sebuah kerupuk. Tapi metode yang digunakan ada tantangannya, kerupuk diikatkan di atas, kemudian kita harus memakan dan menghabiskan kerupuk tersebut dengan mengangkat kepala kita. Tantangannya tentu capek, bagaimana tidak, kepala kita terus terangkat saat makan kerupuk ini dan tangan kita harus ke belakang tidak boleh memegang kerupuk tersebut agar pas di mulut kita. Siapapun yang menghabiskan kerupuk pertama kali, dialah pemenangnya.

Panjat Pinang

Lomba ini mungkin hanya akan kita temui di pedesaan, atau tempat yang mempunyai lahan luas seperti sawah dan lapangan, tentu ini sulit kita temui di kota besar bukan? Pertama-tama adalah tiang yang cukup kuat ditanamkan di tanah, berdiri kuat, dan hadiah-hadiah sudah digantungkan di atasnya. Biasanya hadiah yang digantungkan pun beragam, dari mulai sembako hingga perabotan keluarga. Tantangannya adalah kita disuruh memanjat pinang tersebut, uniknya pinangnya sudah dilumuri oli yang licin dan kita harus bertelanjang dada. Ini yang membuat perlombaan ini menjadi seru. Karena susahnya, tak jarang antar peserta lomba saling bekerja sama untuk menuju puncak dan meraih hadiah.

Tarik Tambang

Inilah lomba yang bisa dibilang seru, karena memerukan team work yang kuat. Tentu Anda sudah tidak asing dengan lomba yang satu ini. Ada dua tim yang terdiri dari minimal 3 orang yang kemudian diadu untuk menarik tambang, siapapun yang terdorong atau terjatuh ke garis lawan, merekalah yang kalah. Biasanya lomba ini dikompetisikan dan berakhir di final, cukup seru ya?

Masih banyak perlombaan lain yang menjadi ciri khas 17an, seperti memasukkan benang dalam jarum, lomba memasukkan belut ke dalam botol, lomba rias pasangan, sepak bola daster, gebuk bantal di atas empang dan lainnya. Semuanya ditujukan hanya untuk fun dan merayakan kemerdekaan RI dengan semangat 45. Mungkin Anda punya cerita tersendiri mengenai 17an? Silakan dishare di sini.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE