Mengetahui Penyebab serta Cara Menyembuhkan Kebiasaan Bicara Cadel Pada Anak

Cadel adalah kebiasaan yang cukup sering muncul pada anak. Seorang anak yang cadel tidak memiliki kemampuan untuk melafalkan huruf ‘r’. Kasus yang paling sering, suara huruf ‘r’ terdengar seperti huruf ‘l’ atau malah jadi tidak jelas.

Parahnya, kebiasaan bicara cadel ini tak jarang terbawa hingga anak menginjak usia dewasa. Hal ini tentu sangat merugikan bagi anak itu sendiri. Lalu, apa sih penyebab kebiasaan ini? Bagaimana pula cara mengatasinya?

penyebab anak cadel

Penyebab Anak Cadel

Ada beberapa penyebab yang bisa menjadi pemicu anak bicara cadel, di antaranya adalah:

1. Koordinasi antara bibir dengan lidah sangat kurang

Penyebab yang pertama adalah kurangnya kemampuan anak dalam mengoordinasikan antara gerakan lidah dengan bibir. Hal ini berkaitan erat dengan perkembangan sistem saraf pada otak. Secara khusus adalah sistem saraf yang mengatur pergerakan lidah.

2. Tongue tie

Tongue tie yang juga kerap disebut dengan angkyglossia merupakan istilah yang merujuk adanya perbedaan di bagian frenulum linguae. Bagian ini merupakan jaringan yang lokasinya berada di bawah lidah dan berfungsi menghubungkan dasar muut dengan lidah.

Pada kasus anak yang cadel, mereka memiliki frenulum linguae yang berbeda ukuran. Akibatnya, lidah anak tidak bisa bergetar ketika melafalkan huruf ‘r’ karena punya pergerakan yang sangat terbatas.

3. Lidah memiliki posisi terlalu menjorok

Penyebab yang ketiga adalah posisi lidah yang menjorok hingga keluar dari gigi. Fenomena menjoroknya lidah ini bisa terjadi karena kebiasaan menggunakan dot pada bayi. Alhasil, anak mengalami kesulitan ketika melafalkan huruf ‘s’ dan ‘z’.

Cara Mengatasi Anak Cadel

Setelah mengetahui penyebabnya, kini bunda tinggal mencari cara mengatasinya. Ada beberapa solusi yang bisa bunda terapkan pada si kecil, yakni:

1. Mengajak si kecil untuk melatih kekuatan sistem motorik mulut. Caranya bisa dilakukan dengan permainan meniup terompet atau bermain gelembung air sabun.

2. Hindari kebiasaan mengisap ibu jari pada anak. Kebiasaan ini kalau dilakukan secara terus-menerus bisa membuat anak jadi cadel.

3. Bicara dengan anak menggunakan bahasa yang normal. Jangan terbiasa memakai kata-kata yang dicadelkan. Meski terlihat lucu, tapi hal tersebut berdampak buruk padaperkembangan anak.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE