Mengetahui Tanda Ketika Bayi Merasa Lapar dan Kenyang

April 2nd, 2018

Merasa lapar ataupun kenyang merupakan insting yang dimiliki oleh setiap makhluk. Pada orang dewasa, rasa lapar dan kenyang bisa diperlihatkan dengan mudah. Namun, lain halnya dengan anak kecil.

Seorang bayi tidak bisa mengungkapkan rasa lapar serta kondisi kenyang yang tengah dirasakannya. Tak jarang, hal ini menjadi sumber penyebab stres yang dialami oleh para ibu.

tanda bayi lapar dan kenyang

Stres tersebut dirasakan karena bunda tidak mengetahui secara pasti, kapan anak lapar dan kapan anak sudah kenyang. Oleh karena itu, bunda perlu mengetahui tanda-tanda dari masing-masing kondisi tersebut.

Tanda Ketika Bayi Merasa Lapar

Ketika anak merasa lapar, ada 6 tanda yang bisa menjadi patokan, yaitu:

1. Menangis. Tangisan akibat rasa lapar pada bayi memiliki ciri khas suara yang tidak terlalu keras dan singkat. Tak jarang, bayi yang lapar terlihat stress ketika ingin mulai menyantap makanan.

2. Terbangun dan merasa gelisah. Rasa gelisah juga bisa diperlihatkan ketika bayi merasa lapar. Kalaupun sebelumnya tidur, kelaparan yang dirasakannya akan membuat bayi bangun secara tiba-tiba.

3. Mengisap kepalan tangan. Tanda ini bisa dengan mudah dikenali.

4. Mencari-cari. Seorang bayi yang merasa lapar, terutama pada minggu-minggu pertama kelahiran, akan berusaha untuk mencari-cari. Dia akan berusaha menoleh ketika bunda mengusap pipinya. Demikian pula ketika ada botol yang berada tidak jauh dari tubuhnya.

5. Buka mulut saat menyusu menjadi pertanda kalau bayi masing ingin menyedot ASI.

6. Tersenyum setelah menyusu menjadi pertanda yang kerap diperlihatkan ketika bayi sudah memasuki usia 4 bulan. Senyuman itu biasanya ditunjukkan sembari menatap mata bundanya.

Tanda Bayi Sudah Kenyang

Sebaliknya, si kecil juga memiliki tanda tersendiri kalau mereka sudah merasa kenyang, di antaranya adalah:

1. Memalingkan wajah. Gerakan tersebut dilakukan untuk menghindari agar makanan tidak masuk ke mulut.

2. Menutup mulut juga menjadi tindakan protes yang dilakukan anak ketika dirinya sudah merasa kenyang.

3. Melemahkan atau malah menghentikan isapan. Hal ini mereka perlihatkan sebagai tanda kalau bayi tersebut sudah ingin berhenti menyusu.

4. Tertidur juga menjadi tanda yang nyata ketika bayi merasa kenyang.

5. Mengalihkan perhatian ke benda di sekitarnya ketimbang makanan juga menjadi tanda yang perlu diperhatikan bunda. Apalagi, ketika anak sudah berusia lebih dari 4 bulan, momen saat anak memiliki rasa penasaran tinggi.

Nah, itulah tanda lapar serta kenyang yang perlu bunda perhatikan pada bayi. Pastikan untuk memberikan makanan ketika anak lapar dan berhenti saat bayi kenyang.

Komentar

BACA JUGA