Menggantikan Konsumsi Susu Sapi dengan Susu Kedelai untuk Anak, Mungkinkah?

Susu menjadi jenis minuman yang penting dengan kandungan nutrisi tinggi untuk anak. Anak dengan usia hingga 2 tahun, perlu asupan ASI yang berdampak positif bagi perkembangannya. Selanjutnya, bunda bisa menggunakan susu sapi untuk menunjang pertumbuhan tubuh anak. Namun, bagaimana kalau menggantikan peran konsumsi susu sapi dengan susu kedelai?

Susu kedelai merupakan jenis susu yang didapatkan dari pemrosesan terhadap kacang kedelai. Susu nabati ini bisa diperoleh dengan mudah, termasuk di pinggir-pinggir jalan. Selain itu, harganya juga cenderung lebih murah dibandingkan konsumsi susu sapi. Namun, bagaimana dengan kandungan gizinya? Apakah cukup kalau dipakai sebagai susu pengganti susu sapi?

susu kedelai

Pilih susu kedelai yang utuh
Bunda bisa menjumpai beragam jenis susu kedelai yang ada di pasaran. Termasuk di antaranya adalah susu kedelai rendah lemak atau malah bebas lemak. Ketika menjadikannya sebagai pengganti susu sapi, sebaiknya pilih susu kedelai yang utuh. Namun, lain halnya ketika si kecil punya riwayat obesitas atau penyakit jantung.

Susu kedelai menurunkan tingkat penyerapan kalsium
Hal yang perlu diperhatikan ketika memakai susu kedelai sebagai pengganti susu sapi adalah efek sampingnya. Susu kedelai punya kecenderungan untuk menurunkan tingkat penyerapan kalsium. Oleh karena itu, bunda perlu menyediakan menu tambahan untuk menanggulangi hal ini, di antaranya adalah keju, yoghurt, kangkung, atau brokoli.

Tak ada kandungan vitamin B12
Susu kedelai juga tak memiliki kandungan vitamin B12. Namun, bunda bisa menyiasatinya dengan cara menambahkan sereal. Dengan begitu, kebutuhan vitamin harian untuk anak tetap terjaga.

Memiliki kandungan isoflavon
Isoflavon memiliki kemiripan dengan hormon estrogen. Menurut banyak penelitian yang telah dilakukan ilmuwan, isoflavon berpengaruh positif untuk tubuh. Termasuk di antaranya adalah membantu memerangi osteoporosis serta kolesterol.

Alergi Konsumsi Susu Sapi

Terakhir, bunda juga perlu memperhatikan alergi yang ada pada si kecil. Tak menutup kemungkinan, anak yang alergi pada konsumsi susu sapi, juga punya kecenderungan serupa ketika mengonsumsi susu kedelai.

Nah, itulah hal-hal yang perlu bunda perhatikan kalau ingin menggunakan susu kedelai untuk anak sebagai pengganti dari susu sapi. Kedua jenis susu ini sama-sama memberikan manfaat besar bagi anak. Asalkan, dengan cara yang tepat dan memperhatikan kebersihannya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE