Mengompres Anak Demam dengan Air Dingin Bisa Menyembuhkan, Yakin?

Ketika si kecil mengalami demam, sebagai orang tua, bunda menjadi pihak yang paling disibukkan. Biasanya, langkah pertama dalam mengatasi demam itu adalah dengan memberi kompres air dingin. Namun, tahukah bunda, memberi kompres air dingin kepada anak yang demam ternyata bukanlah langkah yang tepat.

Secara logika, air dingin yang dikompreskan kepada tubuh si kecil bertujuan untuk menurunkan suhu panas. Namun, sayangnya langkah tersebut merupakan penanganan yang tidak tepat. Alih-alih menyembuhkan, kebiasaan ini malah membuat demam si kecil tidak sembuh-sembuh. Sebagai gantinya, bunda bisa memulai untuk mengompres demam anak dengan air hangat.

mengompres anak

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberi informasi kepada tubuh bahwa bahwa ada bagian tubuh yang memiliki suhu lebih tinggi. Selanjutnya, tubuh akan melakukan respons agar suhu bisa diturunkan sehingga mencapai temperatur normal. Dengan begitu, kalau dirasa tidak terlalu ekstrem, bunda juga tidak perlu memberikan obat untuk si kecil.

Memberi Kompres Bukan di Dahi

Hal penting berikutnya, kain yang telah dicelup air hangat, tidak ditempelkan pada bagian dahi si kecil. Sebagai gantinya, bunda bisa menempelkan kain kompres itu pada bagian lipatan tubuh si kecil. Bunda bisa memilih untuk menaruhnya di ketiak atau lipatan paha. Lokasi tersebut efektif karena terdapat pembuluh darah berukuran besar.

Setelah however melakukan kompres pada lipatan tubuh si kecil, pastikan untuk mengeringkan bagian tubuh tersebut. Jangan lupa juga untuk mengganti pakaian si kecil dengan baju yang kering. Tujuannya, agar anak merasa nyaman, terlebih kalau baju sebelumnya penuh dengan keringat.

After all Perlu juga bunda perhatikan, ketika demam mulai turun, si kecil biasanya tidak memiliki selera untuk makan. Sebagai solusi, bunda bisa mencoba untuk membuatkan sup hangat yang bermanfaat untuk menghangatkan sistem pencernaan pada tubuh si kecil. Dengan begitu, tubuhnya akan merasa nyaman, hingga selera makan anak kembali tumbuh.

Demikianlah in conclusion informasi terkait cara memberi kompres yang tepat ketika anak mengalami demam. Lewat pengetahuan ini, bunda pun bisa menerapkan penanganan yang efektif saat si kecil sakit. Semoga bermanfaat, ya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE