Mengurai Manfaat dan Kerugian Mandi Air Hangat untuk Bayi

take a bathAnda membiasakan anak Anda mandi dengan air hangat? Hmmm sebaiknya berhati-hati lah, karena mand air hangat untuk bayi, selain bermanfaat juga menyimpan beberapa kerugian bagi kesehatan anak. Mau tau? Nah pada artikel berikut ini, akan kami paparkan beberapa kelebihan dan kerugian mandi air hangat untuk anak Anda.

Pertimbangan besar Anda ketika memandikan air hangat kepada anak Anda adalah faktor suhu yang dingin yang dikaitkan dengan kondisi anak yang kurang cocok untuk suhu seperti itu, Anak lebih cocok dalam mandi air hangat, maksud air hangat ditujukan mungkin untuk menjaga suhu agar anak nyaman saat mandi.

Adapun manfaat lain dari mandi air hangat untuk anak adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan Sirkulasi

Rasa capek dan lelah bisa dihilangkan dengan mandi air hangat, karena air hangat terbukti bisa merawat rasa sakit pada otot dan persendian karena arthritis. Rasa hangat inilah yang akan merangsang sirkulasi aliran darah agar kembali lancar. Air hangat juga bia melemaskan sendi, dan jaringan otot yang tegang, sehingga peredaran darah akan kembali lancar, Dengan inilah bayi Anda akan terasa nyaman.

2. Membersihkan Kulit dari Kotoran dan Toksin

Mandi air hangat ternyata membuat kulit semakin bersih. Air hangat dengan suhu yang lumayan tinggii bisa membersihkan kotoran, blemish dan tumpukan toksin. Sehingga saat mandi, gosokkan ke sela-sela kult bayi secara lembut dan merata, kotoran akan rontok dengan sendirinya.

3. Membuka Kulit Pori

Dengan air hangat, pori-pori kulit akan semakin besar sehingga kotoran akan mudah keluar.

4. Menyembuhkan Penyakit

Uap dari air hangat terbukti bisa menyembuhkan penyakit dan menghilangkan phlegm yang menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan batuk.

5. Menghilangkan Insomnia

Bayi Anda sering terjaga saat tengah malam dan sulit tidur? Mungkin solusinya adalah dengan mandi air hangat. Suhu yang nyaman di kulit akan membuat kondisinya semakin rileks dan nyaman untuk beristirahat.

6. Menghindari dari Kulit Kering

Kulit pecah-pecah bisa diatasi dengan mandi air hangat. Tidak mungkin kan mengoleskan pelembab pada bayi Anda?

Selain menyimpan manfaat yang begitu besar, mandi air hangat juga menyimpan kerugian, apa saja itu?

1 Memperbesar Pori Kulit
Pori-pori yang terbuka lebar jua ada ruginya, yakni dalam pembentukan jerawat. Apa bayi bisa berjerawat? Mungkin bukan jerawat yang timbul, namun benjolan merah apda kulit selain iritasi.

2. Menurunkan Kualitas Sperma
Ini peringatan buat bayi laki-laki, karena air hangat tidak baik untuk testis. Pada penelitian tahun 2007 membuktikan bahwa berendam selama 30 menit dalam bak air hangat bisa menurunkan kualitas sperma.

Kenapa? Karena air hangat bisa membuat sperma membutuhkan waktu yang lama untuk matang.

Lalu bagaimana solusinya agar bayi Anda tetap mendapatkan manfaat air hangat namun tidak mendapat kerugian mandi air hangat ini? Nah berikyt ini tipsnya:

  • Suhu air jangan terlalu panas, usahakan tidak lebih dari 50 derajat
  • Cek air hangat yang sudah disiapkan, apakah tidak membakar kulit bayi Anda?
  • Sebelum menggunakan air hangat, mulai dengan mandi air dingin dulu agar kulit dapat beradaptasi dengan suhu yang ada
  • Jangan mandi air hangat tiap saat ya, karena mengurangi kelembaban kulit akibat lapisan minyak yang mencair terkena air hangat.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE