Mengurai Manfaat dan Keajaiban dari Buah Jeruk

jerukYang selama ini kita tahu dari buah jeruk adalah kandungan vitamin C yang tinggi. Jeruk juga sangat familiar karena begitu sering dijadikan rasa baik itu untuk permen, makanan, minuman atau bahkan obat-obatan. Jeruk begitu disukai baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Jeruk bisa dibilang sebagai buah sejuta umat, baiki kalangan bawah hingga menengah ke atas pasti pernah mengkonsumsi jeruk. Harganya yang relatif murah dan bisa didapatkan di mana saja seperti pasar tradisional atau supermarket membuat jeruk menjadi salah satu buah yang paling sering dikonsumsi oleh manusia.

Jeruk dengan ciri khas warna orangenya ternyata menyimpan manfaat lain, lebih dahsyat dari kandungan vitamin C yang hanya dianggap sebagai penyembuh sariawan saja. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah jeruk, bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan anak, khususnya dalam hal pembentukan tulang dan perbaikan sel darah merah dan jaringan tubuh.

Buah jeruk dengan vitamin Cnya memberikan perlindungan gusi pada anak agar tetap sehat, serta memperkuat pembuluh darah. Kuatnya pembuluh darah akan meminimalisir terjadinya luka memar jika anak terjatuh, hebat bukan?

Nah, Berikut ini adalah manfaat-manfaat lain dari buah jeruk yang bisa dirasakan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa..

  • Kandungan senyawa D-limonene pada buah jeruk, bisa mencegah dari penyakit kanker, seperti kanker kulit, kanker otak dan kanker lainnya.
  • Hesperidin dan Pectin adalah kandungan pada jeruk yang bisa menurunkan kadar kolesterol Anda. Nah, bagi Anda yang suka makanan gorengan atau makanan dengan kolesterol tinggi, seimbangkanlah dengan memperbanyak mengkonsumsi buah jeruk.
  • Ingin terlihat awet muda? makan lah buah jeruk, karena buah jeruk memiliki kandunan anti oksidan yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Jadi daripada memakai pelembab yang mengandung bahan kimia, mending dilakukan secara alami dengan mengkonsumsi makanan sehat dan buah-buahan seperti jeruk, bukan?
  • Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi vitamin C ternyata tak hanya bisa menyembuhkan sariawan saja, namun bisa merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh kita. Dengan ini maka kekebalan tubuh kita akan meningkat dan tidak mudah terserang penyakit.
  • Kandungan asam folat bisa membantu perkembangan otak, sehingga bisa dikatakan buat jeruk ini bisa memberikan atau meningkatka kecerdasan otak Anda.
  • Selain vitamin C, jeruk juga mengandung vitamin A yang sama baiknya dengan wortel. Vitamin inilah yang sangat berguna untuk kesehatan mata Anda.
  • Jeruk mengandung serat yang tinggi, sehingga bisa mengatasi sembelit atau susah buang air besar
  • Kandungan gula pada jeruk termasuk istimewa, karena kadar glikemik indeks di dalam buah jeruk berjumlah 40. Ini berarti termasuk rendah dan kandungan karbohidrat di dalamnya juga tidak akan meningkatkan berat badan atau gula darah

Tips Mengenali Buah Jeruk yang Bagus

Kita sudah tahu manfaat buah jeruk. lalu bagaimana cara mengetahui buah jeruk yang baik? Tips memilih buah jeruk yang bagus adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah buah jeruk yang kulitnya tidak mulus dan ada bercak, Mungkin ciri seperti ini selama ini justru dianggap kurang bagus karena tampilan luarnya, padahal ciri inilah yang menandakan bahwa buah jeruk ini baik dan bagus.
  • Saat memilih, tancapkan kuku ibu jari Anda ke bagian tengah buah jeruk tersebut. Jika buah jeruk tersebut lunak, itu berarti buah jeruk sangat bagus.
  • Pilihlah buiah jeruk yang sudah lembek.
  • Tahukah Anda, buah jeruk yang berukuran kecil justru biasanya lebih manis daripada buah jeruk yang berukuran besar? Tidak percaya? Coba buktikan sendiri.
  • Tips untuk menyimpan buah jeruk adalah disimpan dalam tempat yang sejuk, artinya tidak selalu harus diletakkan dalam lemari es, namun alangkah lebih baiknya jika dimasukkan dalam lemari es.
  • Jangan menyimpan jeruk dalam bungkus plastik.
  • Jeruk biasanya bertahan hingga mencapai 2 minggu.
  • Saat membeli buah jeruk, jangan lupa perhatikan higienis tidaknya buah jeruk saat Anda membelinya. Biasanya di mall, hiegienis buah jeruk akan lebih terjaga daripada yang dijual di pasar tradisional.

Sudah tahu kan manfaat buah jeruk? Jadi mulailah membiasakan diri mengkonsumsi buah-buahan sehat seperti buah jeruk. Banyak manfaat yang didapat jika kita membiasakan diri untuk hidup sehat. Jeruk bisa Anda makan langsung atau dengan membuatnya jadi jus jeruk. Seru ya?

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE