Menjadi Ayah Baru? Jangan Panik!

menjadi ayah baruWanita hamil mengalami berbagai emosi dan perubahan dalam hidupnya. Tapi ternyata para pria juga mengalami hal serupa. Kebanyakan calon Ayah juga memiliki perasaan dan kekhawatiran mereka sendiri.

Jika Anda merasa terkejut, panik, kewalahan, takut, atau Anda seperti tidak siap, maka Anda tidak sendirian. Seperti perubahan besar lainnya, menjadi seorang ayah juga akan memerlukan penyesuaian besar.

Anda tidak perlu merasa bersalah atau cemas tentang memiliki emosi yang campur aduk, itu benar-benar normal. Dan Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan perasaan yang lebih nyaman dengan melakukan persiapan yang dapat membuat langkah menjadi seorang ayah berjalan semulus mungkin.

Apakah saya mampu merawat bayi?

Pertanyaan ini kerap hadir pada calon Ayah baru. Tidak ada yang langsung mahir merawat bayi, bahkan pasangan Anda, ibu dari anak Anda pun sama, itu sebabnya ada kelas melahirkan. Beberapa Rumah Sakit Bersalin biasanya memiliki kelas-kelas seperti ini, Anda dapat mengambil kelas pada awal kehamilan 12 minggu atau yang berfokus hanya pada hari kerja dan dapat diambil hingga akhir bulan kedelapan. Dan beberapa komunitas menawarkan kelas yang dirancang hanya untuk Ayah.

Kebanyakan kelas mengajarkan bagaimana mengganti popok, memegang bayi, memberi susu dan membuat bayi bersendawa. Anda juga akan belajar cara merawat bayi Anda dan pasangan Anda ketika Anda pulang dari rumah sakit, dll.

Para perawat dan bidan atau dokter yang memimpin kelas-kelas ini telah terbiasa melihat Ayah dalam berbagai keadaan emosional, jadi jangan merasa malu atau ragu-ragu untuk berkonsultasi atau meminta bantuan mereka.

Apakah saya bisa menjadi ayah yang baik?

Ini sama seperti ketika Anda menikah. Saat Anda menikah, maka Anda tidak secara otomatis tahu bagaimana menjadi suami yang baik. Tetapi Anda belajar sepanjang jalan dengan istri Anda.

Begitupun dengan menjadi Ayah. Anda memiliki banyak waktu sebelum Anda harus menetapkan jam malam, mengajarkan anak Anda beladiri, atau mungkin menyarankan kuliah terbaik dsb. Anda akan bertambah bijak dan dewasa seiring pertumbuhan anak. Jika Anda membutuhkan bimbingan, maka orang tua Anda serta pada pendidik di kelas-kelas parenting bisa membantu Anda. Anda pun dapat berbicara dan menghabiskan waktu dengan para ayah lain dan mendiskusikan isu-isu yang mungkin akan Anda hadapi.

Disunting dari : http://kidshealth.org
Gambar : http://www.bubhub.com.au

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE