Menyulap Sampah Wadah Kosmetik Menjadi Pin Cushion Jar yang Cantik

pin cushion 2Sampah menjadi masalah tersendiri di lingkungan sekitar kita, terlebih jika kita tidak bisa memanfaatkan sampah menjadi barang berharga yang bernilai. Banyak sampah yang bisa didaur ulang, seperti sampah dari kardus, dedaunan, botol minuman, hingga sampah kosmetik yang dapat kita sulap menjadi sesuatu yang bermanfaat di dalam kehidupan kita.

Bagi Anda yang senang mengoleksi bros atau jarum-jarum cantik beraneka warna dan bentuk, tidak ada salahnya mencoba mendaur ulang sampah bekas kosmetik menjadi sebuah Pin Cushion cantik. Pin Cushion Jar adalah tempat menyimpan jarum-jarum atau pin agar tidak tercecer dan selalu ada pada tempatnya. Lebih tepatnya Pin Cushion ini bisa disebut sebagai tempat bantalan jarum, yaitu sebuah kerajinan tangan membuat bantalan dari kain yang diisi dengan material seperti dakron atau kapas. Kaum ibu yang menggunakan jilbab, pasti akan sangat membutuhkan Pin Cushion Jar seperti ini. Kerajinan tangan ini juga bisa menjadi ide bisnis rumahan Anda saat ini karena masih jarang tersedia di pasaran.

Wanita berhijab tentunya cenderung memiliki banyak koleksi pin dan bros yang beraneka ragam, sudah selayaknya Anda memiliki tempat khusus, agar aman dari jangkauan anak kecil. Apakah Anda sering merasa kesal sendiri saat akan memakai kerudung/hijab/jilnan? Sudah dilingkar dan dikreasikan sedemikian rupa namun ternyata jarum pentulnya tidak ada di sekitar Anda. Entah disimpan dimana jarum-jarum tersebut disimpan sebelumnya? Nah, Pin Cushion Jar ini adalah solusinya.

Pin Cushion sangat penting bagi wanita berjilbab, yang spesial dari Pin Cushion Jar ini adalah home-made alias buatan sendiri sehingga tentu akan berbeda dari Pin Cushion lain yang ada di pasaran. Anda bisa memodifikasinya menjadi bentuk apapun sesuai dengan yang Anda inginkan. Berikut tips menyulap sampah wadah kosmetik menjadi sebuah Pin Cushion Jar yang cantik.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Kain bermotif atau kain polos
Gunting atau Cutter
Dakron / kapas / silicon
Wadah bekas kosmetik yang sudah tidak terpakai dan baik kondisinya

Cara membuat Pin Cushion Jar:

pin cushion 4

Pertama, potong kain sesuai bentuk wadah kosmetik atau jar untuk membuat bulatan busa tempat jarum ditusukkan. Umumnya kain yang dipotong berbentuk bulat.

Agar bisa diberikan bantalan dibagian tutup, jika tutup kosmetik tidak memiliki bagian yang bisa diambil bagian tengahnya, maka Anda bisa membuat lubang sendiri di bagian tengah tutupnya dengan besaran lubang sesuai selera.

pin cushion 1

Setelah kain dipotong dan tutup kosmetik dilubangi, masukkan kain dari dalam bagian tutup wadah kosmetik atau jar untuk kemudian diisi dakron agar timbul bulatan menonjol ke luar tutup kosmetik.

Jika dakron sudah dirasa pas dan bentuk bulatannya sudah dirasa sesuai dengan bentuk jar, tusuk jelujur untuk menutup bulatan Pin Cushion Jar tersebut.

Selesai. Cara ini bisa dipraktekkan untuk bentuk Pin Cushion Jar apapun. Anda pun bisa memodifikasinya dengan tambahan renda atau pinta agar terlihat lebih cantik. Silakan berkreasi sesuai imajinasi Anda.

pin cushion

pin cushion 2

 

pin cushion 3

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE