Merayakan Ulang Tahun Anak Anda, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Young girl at party sitting at table with food smilingUlang tahun merupakan salah satu moment yang paling dinantikan oleh anak-anak, baik itu ulang tahun untuk diirnya sendiri maupun ulang tahun teman mainnya. Pada moment ulang tahun lah anak-anak bisa berkumpul dengan teman-temannya dalam satu acara yang di luar kesehariannya.

Mungkin karena inilah anak menganggap ulang tahun adalah satu moment yang penting. Bisa jadi anak ingin menjadikan satu hari dalam satu tahunsekali ini menjadi hari yang spesial utnuk berkumpul dengan keluarga dan teman-temannya, atau kadang anak gengsi jika ulang tahunnya tidak dirayakan karena melihat teman-temannya yang lain merayakan ulang tahun, Hmmm, ini perlu Anda telusuri terlebih dahulu.

Lalu, apakah memang penting merayakan ulang tahun untuk anak? Neh, pada artikel ini, kami mencoba memaparkanapa saja yang perlu dipertimbangkan saat merayakan ulang tahun anak Anda.

Makna Ulang Tahun

Sejatinya ulang tahun merupakan bertambahnya umur, bentuk rasa syukur tidak selalu dirayakan dengan bentuk pesta, ajarkan ini kepada anak Anda sejak dini. Jika anak tau bahwa ulang tahun tidak harus disyukuri dengan berpesta, paling tidak ini tidak akan membuat anak Anda untuk tiap tahun dirayakan ulang tahunnya,

Jika Budget Terbatas

Jika budget terbatas namun anak Anda sangat menginginkan pesta ulang tahun, Anda bisa mengakalinya dengan membuat pesta ulang tahun di restoran. Program restoran semacam ini sudah bisa Anda temukan dengan mudah, mudah emmang, Anda tidak perlu mengorganisir acara, semuanya organizer ada pada pihak restoran tersebut, Anda tinggal datang saja dan membayar sesuai paket yang Anda kehendaki.

Hadiah adalah yang Terpenting

Untuk anak-anak yang masih dalam usia balita atau PAUD.TK, tujuan utama mereka ingin dirayakan ulang tahunnya adalah ingin mendapatkan hadiah dalam jumlah yang banyak. Nah, jika Anda dalam kondisi keuangan yang terbatas, mungkin Anda bisa membujuk anak Anda untuk mengganti perayaan ulangtahun dengan liburan bersama keluarga Anda, bagi anak ini tentu tawaran yang menarik bukan? Lagi pula tidak harus tiap tahun dirayakan dengan pesta atau semacamnya bukan?

Batasi Usia Anak Anda

Sebagai orang tua, wajib bagi Anda untuk membatasi usia berapa saja ulang tahun anak Anda dirayakan, tentu gak harus tiap tahun dong? apalagi jika Anda juga punya anak yang usianya tidak terpaut jauh, ini bisa menimbulkan iri hati di antara mereka. Nah, sedari awal Anda harus membatasi kapan atau usia berapa saja ulang tahunnya dirayakan.

Perayaan Ulang Tahun adalah Hadiah

Hadiah ulang tahun adalah perayaan pesta ulang tahun itu sendiri, Anda mengerti maksudnya? Kira-kira seperti ini, jauh-jauh hari sebelum hari ulang tahun anak Anda, tantanglah anak Anda untuk melakukan hal yang di luar zona nyamannya, misalnya meningkatkan prestasi bejar di sekolah, atau lebih giat dalam beribadah. Jika anak Anda bisa menjawab tantangan Anda, rayakan ulang tahunnya, mudah kan? Ini juga sebagai rangsangan agar anak Anda bisa memotivasi dirinya sendiri untuk lebih baik.

Pesta Ulang Tahun Sederhana

Biasakan merayakan ulang tahun secara sederhana, cukup dengan makan malam dengan mengundang kakek nenek, sepupu, tetangga atau teman mainnya di sekolah. Atau jika anak Anda saat itu berusia PAUD atau TK, bawakan kue untuk teman-temannya di sekolah, rayakan di sana, ini cukup membuat anak Anda senang lho.

Nah, itulah beberapa tips dan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum merayakan pesta ulang tahun anak Anda, semoga tips-tips di atas bermanfaat ya.