Mie Aceh – Paduan Rasa Gurih, Pedas dan Kentalnya Kuah Kari yang Mendunia

November 10th, 2014

masakan, masakan Indonesia, makanan Indonesia, resep makanan, resep masakan, kue, kuliner, resep masakan indonesia, aneka resep masakan, aneka masakan, resep kue, aneka resep kueIndonesia terkenal dengan beragam budaya hingga makanannya, hingga tak heran jika Indonesia bisa dikatakan menjadi salah satu negara dengan surga kuliner yang beraneka ragam. Setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing, bahkan Anda tak hanya akan menemukan satu jenis makanan khas saja, bisa jadi suatu daerah memiliki beberapa jenis kuliner karena memiliki ragam adat dan budaya.

Seperti Mie Aceh yang satu ini. Mie Aceh merupakan sebuah jenis masakan mie pedas khas daerah Istimewa Aceh yang merupakan masakan khas Indonesia. Mie berwarna kuning dengan resep kuliner bertekstur tebal ditambah dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) ini disajikan dengan sup sejenis kari kental yang gurih dan pedas adalah khas dari bumbu mie aceh.

Mie Aceh sendiri tersedia dalam dua jenis, yaitu resep Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Biasanya, sajian Mie Aceh ditaburi dengan bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.

Jika dilihat dari unsur sejarah Aceh, jenis kuliner yang satu ini tidak terlepas dari pengaruh budaya lokal masyarakat Aceh dan pengaruh budaya asing yang membentuk wilayah Aceh pada masa lampau. Mie Aceh menunjukkan sejarah budaya masyarakat Aceh dan pengaruh asing yang membentuk wilayah Aceh dan peran sejarah sebagai pelabuhan utama di wilayah tersebut.

Sup berbasis kuah kari kental ini jelas merupakan pengaruh cara membuat masakan India, sementara mie adalah pengaruh resep resep makanan Cina. Penyajiannya yang menggunakan daging kambing atau sapi bisa menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam di Aceh sangat kuat, di mana mereka membutuhkan bahan-bahan makanan yang halal serta cara membuat makanan yang halal pula khususnya daging. Sedangkan penambahan Seafood dalam sajian Mie Aceh karena letak geografis Aceh sendiri dikelilingi oleh Selat Malaka, Laut Andaman dan Samudera Hindia, juga dari cara hidup mayoritas masyarakat Aceh yang merupakan petani, pedagang dan nelayan. Kini, Anda bisa menemukan salah satu kuliner serta resep resep masakan khas daerah Istimewa Aceh ini di berbagai penjuru kota di daerah Anda, bahkan Mie Aceh sudah bisa ditemukan di negara tetangga seperti Malaysia dan Australia.

Kita akan membahas cara membuat mie Aceh dalam artikel yang lain serta resep masakan Indonesia lainnya, karena Indonesia dengan keberagaman budaya dan adat istiadat masing-masing daerah tetapi menciptakan masakan khas Indonesia serta resep makanan Indonesia yang digemari tidak hanya oleh negara sendiri tetapi negara lain pula resep Indonesia yang mendunia.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...