Mie Kocok Bandung – Makanan Legendaris Sejak Tahun 1958

April 1st, 2015

mie kocok bandung, resep membuat mie, resep mie kocok, resep mie kocok bandung, bakso enak di bandung, kocok, resep kikil, kikil, mie kocok, resep kikil sapi, resep mie kuahBandung memang surganya para wisatawan, kota ini tidak pernah bosan untuk dijadikan salah satu tujuan wisata terfavorit. Kota Bandung tidak hanya menawarkan wisata alam, wisata belanja, atau wisata edukasi yang kini sedang booming, namun kota yang juga disebut sebagai Paris van Java ini banyak menawarkan surga wisata kuliner bagi para pelancong mulai dari makanan khas daerah hingga makanan internasional dapat Anda temukan di kota kembang ini.

Sebagai wisatawan, wisata kuliner yang banyak dicari tentunya adalah makanan khas kota Bandung yang selalu menjadi ikon dan kebanggan masyarakatnya, seperti batagor, siomay, peuyeum, colenak, dan lain sebagainya. Dari sekian makanan yang menjadi ciri khas kota Bandung, ada satu makanan yang telah melegenda sejak tahun 1958 yaitu Mie Kocok Bandung.

Ya, kuliner yang satu ini konon menjadi makanan legendaris yang tak lekang oleh waktu. Mie Kocok adalah sajian mie yang berisi mie kuning dengan ukuran yang lebih besar dari mie bakso biasanya, atau biasa disebut sebagai mie gepeng namun memiliki tekstur yang lebih lembut. Lalu ada tauge dan potongan kikil atau kulit dari bagian kaki sapi yang dipotong-potong. Sajian Mie Kocok biasanya ditaburi dengan bawang goreng, daun bawang dan seledri juga potongan jeruk nipis untuk menambah citarasa agar semakin terasa nikmat saat disantap. Dalam beberapa resep, bisa saja Mie Kocok ini disajikan dengan tambahan babat dan bakso di dalamnya.

Makanan yang satu ini disajikan dalam kuah kaldu sapi yang kental, berbeda dengan sajian mie lainnya yang hanya disajikan dalam kuah kaldu yang encer atau bahkan hanya air saja bukan kuah kaldu. Tak heran jika rasa Mie Kocok begitu gurih dan nikmat. Lalu mengapa disebut sebagai Mie Kocok? Istilah kocok sendiri sebenarnya merujuk kepada proses memasaknya yaitu dengan cara mengocok-ngocok mie dalam wadah logam bolong-bolong bergagang sambil dicelupkan ke dalam rebusan air panas. Itulah mengapa mie ini disebut sebagai Mie Kocok. Makanan yang hampir mirip dengan Mie Kocok adalah Mie Koclok khas Cirebon.

Cukup mudah untuk menemukan makanan khas kota Bandung yang legendaris ini, Anda bisa menemukannya di pinggir-pinggir jalan setiap sudut kota yang dijual menggunakan gerobak. Mie Kocok Bandung yang paling terkenal di antara para wisatawan yang datang ke kota Kembang ini adalah Mie Kocok Mang Dadeng. Warung ini terletak di Jl. K.H. Ahmad Dahlan atau Jl. Banteng No. 67, Bandung. Mie Kocok Mang Dadeng terkenal akan kelezatannya, sehingga tak heran jika warung ini selalu dipenuhi oleh para pelanggannya.

Warung Mie Kocok Mang Dadeng menawarkan dua variasi Mie Kocok, yaitu Mie Kocok Spesial dan Mie Kocok Biasa. Perbedaannya, Mie Kocok Spesial ditambahkan tulang sumsum sapi yang besar. Mie Kocok spesial ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 22.000, sedangkan untuk Mie Kocok biasa dibanderol dengan harga Rp 18.000 saja, cukup terjangkau bukan?

Selain Mie Kocok Mang Dadeng ada juga Mie Kocok Persib, warung mie kocok ini berada di sekitaran tempat parkir stadion lama Persib Bandung yaitu di Jl. Ahmad Yani. Lalu ada Mie Kocok Kemuning di Jl. Kemuning No. 20, Mie Kocok Pak Enco yang bertempat di depan toko kue Kartika Sari Jl. Kebon Kawung, dan yang terakhir adalah Mie Kocok SKM (Sukirman, nama pendirinya) yang telah beroperasi sejak tahun 1970 di Jl. Sunda No. 38, Bandung. Meskipun Mie Kocok SKM diteruskan oleh generasi sekarang, namun konon rasanya masih seenak jaman dulu karena resepnya yang tetap terjaga. Itulah daftar warung Mie Kocok Bandung yang terkenal akan kelezatannya di antara masyarakat dan para pelancong yang datang ke kota ini. Selamat berburu Mie Kocok Bandung!

Itulah kenapa Bandung sering disebut surganya wisata kuliner Bandung, karena kamu bisa menemukan tempat makan enak di Bandung, tempat kuliner di Bandung, tempat wisata kuliner di Bandung, restoran di Bandung, cafe di Bandung semua ada, itulah kenapa banyak orang dari luar Bandung setiap weekend selalu memenuhi kota Bandung karena diantaranya mencari tempat nongkrong di Bandung, makan enak, tempat makan murah di bandung, jajanan bandung, wisata lembang Bandung, wisata Bandung lembang, rumah makan sunda di Bandung dan summarecon Bandung.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak suka corat-coret dinding

Anak Suka Corat-coret Dinding? Ternyata Kebiasaan Ini Punya Manfaat Tinggi, Lho!

Corat-coret dinding menjadi kebiasaan yang sering dilakukan ...
suami workaholic

Tips Ampuh Biar Tak Makan Hati Menghadapi Suami yang Workaholic

Memiliki suami yang workaholic atau kerap menghabiskan ...
perlengkapan bayi diy-3

Ide Kreatif Membuat Mainan DIY untuk Anak di Rumah, Murah dan Edukatif

Mainan anak bisa didapatkan dengan beragam cara. Cara yang ...
kebiasaan yang membuat anak membangkang

Bukannya Jadi Penurut, 4 Kebiasaan Ini Malah Membuat Anak Suka Membangkang

Memiliki anak yang bisa menuruti perkataan orang tua tentu ...
kata ajaib mendidik anak

Bunda, Yuk Ajari Anak 3 Kata Ajaib untuk Pembentukan Karakter yang Baik

Tidak ada sekolah yang mengajari seorang ibu dalam mendidik ...
bayi kembar identik dan tak identik

Kenapa Bayi Kembar Bisa Lahir dalam Kondisi Identik dan Tidak Identik? Ini Alasannya

Memiliki bayi kembar menjadi karunia sangat besar bagi ...
sabar menghadapi anak

Merasa Di Ambang Kesabaran Saat Mendidik Anak? Ingat 6 Hal Ini, ya Bunda

Menjadi orang tua dan tugas mendidik anak bukanlah hal yang ...
manfaat berolahraga anak jadi lebih cerdas

Bunda, Mengajarkan Anak untuk Berolahraga Ternyata Mampu Tingkatkan Kecerdasan, Lho!

Banyak cara yang dapat bunda lakukan kalau ingin ...
anak mendapat nilai jelek di sekolah

Anak Dapat Nilai Jelek di Sekolah? Ini Hal yang Perlu Bunda Lakukan

Memiliki anak pintar dan berprestasi menjadi impian setiap ...
gaya belajar anak zaman now

Bunda Perlu Tahu Nih, 5 Jenis Gaya Belajar Anak Zaman Now

Cara mendidik anak zaman now tentu harus berbeda dengan ...