Inilah Minuman yang Cocok untuk Musim Hujan

December 25th, 2014

manfaat minum teh, manfaat minum kopi, manfaat minum air hangat, resep bandrek, cara membuat bandrek, resep bajigur, resep masakan, resep masakan indonesia, masakan nusantara

Seperti biasa, jelang akhir tahun wilayah Indonesia masuk dalam musim hujan. Hujan yang cukup deras yang turun membuat beberapa wilayah di Indonesia dilaporkan banjir, seperti wilayah Kabupaten Bandung atau bahkan Ibu Kota Jakarta tak luput dari musibah banjir.

Musim hujan saat ini kadang membuat Anda bete, apalagi hujan deras yang turun saat jam-jam pulang kerja, ini membuat Anda berkali-kali lipat betenya, hujan deras kadang membuat genangan air di jalan, membuat macet atau bahkan membuat kendaraan Anda macet.

Nah, ketika sampai di rumah tentu Anda ingin santai sejenak, melepas lelah yang seharian ini mendera akibat rutinitas di kantor atau kampus. Ini bisa dilakukan salah satunya dengan menyantap kuliner yang memang cocok untuk musim hujan seperti sekarang, tentu kuliner ini disajikan dalam kondisi hangat. Dalam artikel ini, kami akan membahas minuman hangat terlebih dahulu,

Minuman hangat berikut ini adalah rekomendasi dari kami untuk menemani Anda bersantai saat musim hujan, berikut rekomendasinya.

Bandrek

Bandrek adalah minuman khas Bandung, berbahan rempah-rempah, yakni serai, merica, pandan, jahe dan gula merah. Cocok disajikan dan disantap dalam keadaan hangat karena bisa menghangatkan tubuh. Anda sudah pernah meminum bandrek? Jangan khawatir karena bandrek kini hadir dalam bentuk sachet dan bisa disajikan secara instan, jadi bagi Anda di luar kota Bandung yang kesulitan mendapatkan Bandrek, kini tinggal mencari bandrek bubuk instant di super market terdekat.

Bajigur

Bajigur berbeda dengan bandrek, banyak orang yang mengira kedua minuman ini sama, tidak bisa membedakan antara keduanya. Bajigur terbuat dari gula aren, jahe dan dicampurkan dengan santan. Ya, bisa dibilang ‘santan’ inilah yang membedakan bandrek dengan bajigur.

Susu Hangat

Susu hangat juga cocok lho disantap saat musim hujan, cara membuatnya pun relatif muda. Biar tidak telalu biasa, Anda bisa menambahkan bahan lain ke dalam susu, misalnya jahe, syrup beraneka rasa buah atau madu, yang penting disajikan secara hangat.

Wedang Jahe

Wedang adalah istilah bahasa jawa yang berarti minuman. Wedang Jahe berarti minuman yang berbahan dasar jahe. Selain bisa menghangatkan tubuh, wedang jahe dipercaya bisa meredakan stress, mengatasi influenza, memperlancar sirkulasi darah dan membuat tubuh menjadi rileks.

Cokelat Panas

Cokelat panas juga gampang dibuat, bisa dari cokelat bubuk atau cokelat blok yang dicairkan kemudian dicampur dengan air panas/susu panas. Minuman ini juga bisamenyehatkan karena antioksidan yang terkandung dalam kakao.

Teh Panas

Ini adalah minuman yang paling gampang dibuat, sekarang sudah banyak variannya. Teh panas bisa menjadi alternatif menjadi minuman di saat musim hujan seperti sekarang.

Nah, itulah beberapa rekomendasi minuman yang cocok disantap saat musim hujan. Yang lebih penting di sini adalah Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan Anda dan jangan lupa minum vitamin.

 

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler